Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Jangan Anggap Remeh, Deteksi Penyakit dalam Tubuh Lewat Warna Lidah

Jangan Anggap Remeh Deteksi Penyakit dalam Tubuh Lewat Warna Lidah

INDOZONE.ID - Ada berbagai tanda fisik yang muncul untuk menandakan adanya suatu penyakit dalam tubuh. Satu di antaranya ialah lidah.

Alat indra yang berperan sebagai pengecap rasa ini, bisa menandakan adanya penyakit yang diidap dalam tubuh.

Cobalah untuk perhatikan kondisi lidah kamu sekarang? Apakah lidah kamu sekarang berwarna merah muda dengan bintil-bintil yang terlihat? Atau lidah kamu malah berwarana putih dengan sedikit ada rambut di atasnya?

Seorang ahli kesehatan mengatakan, kondisi lidah dapat mendeteksi tentang kondisi kesehatan tubuh, misalnya adanya risiko kanker lidah atau sifilis.

Dilansir dari Channel News Asia, berikut ini penjelasan tentang kondisi lidah yang dapat menunjukkan kondisi kesehatan tubuh.

1. Lidah didominasi warna putih

kondisi lidahIlustrasi lidah yang didominasi oleh warna putih. (Bondi Beach Dental)

Dr. Lim Keng Hua, ahli THT dari Mount Elizabeth Hospital di Singapura mengatakan, lidah yang didominasi dengan warna putih biasanya tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara.

"Lapisan putih disebabkan oleh akumulasi sisa makanan, bakteri dan sel-sel mati antara papila yang membesar dan kadang-kadang meradang pada permukaan lidah," ujar dr. Lim.

Lapisan berwarna putih yang ada di lidah ini, bisa dihilangkan dengan menyikatnya secara lembut menggunakan sikat gigi atau menggunakan sikat khusus pengeruk lidah, scraper.

Sementara itu, dr. Anna See, ahli bidang otorinolaringologi di Departemen bedah kepala dan leher Singapore General Hospital mengungkapkan, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi lapisan putih di lidah ini, yaitu dengan menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Berbeda dengan dr. Lim, dr. Anna justru mengatakan lapisan putih di lidah ini tidak normal. Penyebabnya bisa karena infeksi jamur,  infeksi sifilis, kanker mulut atau lidah tahap awal, atau HIV.

“Lapisan putih tebal kadang-kadang dikaitkan dengan luka kronis, pendarahan mulut dan bau mulut, harus diselidiki oleh dokter spesialis untuk mengesampingkan penyebab yang mendasarinya,” ujar dr. Anna.

2. Ada rambut tumbuh yang tumbuh di atas lidah

kondisi lidahIlustrasi rambut yang tumbuh di atas lidah. (WebMD)

Rambut yang tumbuh di atas lidah bisa berasal dari sisa-sisa makanan dan sel-sel mati. Selain itu, rambut yang biasanya berwarna cokelat atau hitam dapat tumbuh di permukaan lidah, karena kurangnya kebersihan di dalam mulut.

Sementara itu, dr. Lim mengatakan, rambut yang tumbuh di atas lidah ini selain bisa mengganggu penampilan, juga dapat menimbulkan adanya rasa logam, bau mulut atau sensasi kesemutan.

Namun, rambut yang tumbuh di atas lidah ini dapat dihilangkan dengan sikat gigi atau pengeruk lidah.

Meskipun bisa dihilangkan dengan pengeruk lidah atau sikat gigi, rambut yang tumbuh ini kadang kala tak dapat dihilangkan, karena infeksi virus Epstein Barr, yang umumnya berhubungan dengan infeksi HIV.

Jika rambut yang tumbuh di permukaan lidah tak dapat dihilangkan, cobalah untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

3. Lidah seperti daging mentah

kondisi kesehatan lidahIlustrasi lidah seperti daging mentah. (pexels/Hayes Potter)

Kondisi lidah seperti daging mentah maksudnya ialah, lidah berwarna merah dan bengkak. Kondisi ini bisa disebabkan karena kamu mengalami glositis atau peradangan lidah, yang menyebabkan papila menghilang, membuat lidah seperti halnya daging sapi.

Dr. Anna mengatakan, lidah yang seperti daging mentah dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi Vitamin B12 dan zat besi.

Dilansir dari laman Healthline, kondisi lidah seperti ini juga bisa disebabkan oleh obat hipertensi tertentu, makan makanan pedas dan penggunaan pasta gigi.

Untuk mengatasi kondisi ini, cobalah untuk mengonsumsi zat besi dan vitamin B12. Namun, jika kondisi tak kunjung membaik, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter.

4. Benjolan di lidah

lidahIlustrasi benjolan di lidah. (Medical News Today)

Dr. Anna mengatakan, benjolan yang terdapat di lidah dapat disebabkan oleh peradangan, penggunaan obat, defisiensi nutrisi atau iritasi mulut yang konstan.

Di sisi lain, dr. Lim mengungkapkan, luka kecil yang mungkin ada di lidah dapat menjadi pertanda adanya penyakit sifilis.

“Ketika tidak diobati, itu menjadi leukoplakia sifilis. Gejala lain mungkin bisa sakit kepala, nyeri sendi dan demam, " katanya.

Dr. Lim mengatakan, kondisi lidah yang seperti ini bisa disebabkan oleh infeksi virus yang dapat pulih dalam beberapa minggu.

5. Bercak putih seperti peta dunia

lidahIlustrasi lidah yang ada bercak putihnya. (Today Show)

Dr. Lim mengatakan, bercak putih yang ada di lidah dapat terjadi karena adanya pergantian sel yang tidak merata di lidah.

Menurutnya, tidak ada perawatan yang diperlukan, karena kondisi ini bukanlah risiko kanker. Saat lidah dalam kondisi seperti ini, hindari makanan dan minuman yang membuat lidah jadi tak nyaman.

6. Lidah pecah-pecah tanpa rasa sakit

lidahIlustrasi lidah pecah-pecah. (Bowlfordiabetes.ca)

Dr. Anna menjelaskan, saat lidah terdapat retakan tanpa rasa sakit, kamu tak perlu khawatir, karena ini tidak berbahaya.

Sementara itu, dr. Lim mengungkapkan, tidak perlu perawatan khusus untuk mengatasi kondisi lidah  yang seperti ini. Kamu hanya perlu meningkatkan kebiasaan untuk menjaga kebersihan mulut.

7. Seperti ada lapisan keju di lidah

kondisi lidahIlustrasi kondisi lidah seperti ada lapisan keju (Healthline)

Dr. Lim mengatakan, jika lesi berwarna krem, putih, dan tebal di lidah atau pipi bagian dalam ini bisa jadi tanda oral thrush atau infeksi jamur candida.

"Pertumbuhan jamur berlebihan terjadi karena terlalu sering menggunakan antibiotik, diabetes, zat besi dan kekurangan Vitamin B12, kebersihan mulut yang buruk, sistem kekebalan tubuh yang lemah, merokok, hipotiroidisme dan pengobatan kanker," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar