Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Virus Corona Bikin Masyarakat Cemas Berlebihan, Begini Caranya biar Bisa Tidur Nyenyak

Virus Corona Bikin Masyarakat Cemas Berlebihan Begini Caranya biar Bisa Tidur Nyenyak

INDOZONE.ID - Di tengah kasus penyebaran virus corona membuat kebanyakan orang menjadi panik, bahkan sulit tidur setelah membaca berbagai macam pemberitaan mengenai hal tersebut. Lantas apa yang perlu dilakukan agar mendapatkan tidur yang nyenyak?

Konsultan tidur Maryanne Taylor dan pelatih tidur Katie Fischer mengungkapkan beberapa cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Hal tersebut disampaikannya dalam laman The Guardian.


1. Jernihkan pikiran

IlustrasiIlustrasi menulis (The Writing Cooperative)

Fischer menyarankan agar menulis dengan tangan dapat menjernihkan pikiran. Hubungan antara praktik menulis dengan melihat kekhawatiran yang ditulis dapat mengurangi kecemasan kalian.

“Pikiran, kekemasan, kekhawatiran tuangkan di atas kertas,” ucap Fischer.

2. Siapkan tempat lain

IlustrasiIlustrasi tidur (Burnett)

Jika anda kesulitan tidur atau sering terbangun pada malam hari, maka jangan terlalu lama berbaring di tempat tidur. Taylor menyarankan agar membuat tempat di ruangan lain untuk dipasangi musik atau buku agar dapat menenangkan.

“Ketika kamu mulai terasa ngantuk, barulah kembali ke tempat tidur,” terang Taylor.

3. Atur pernapasan

IlustrasiIlustrasi atur napas (Yahoo news)

Mengatur pernapasan dalam perut dapat meringankan gejala cemas, yakni dengan pikiran yang rumit, otot tegang, dan detak jantung uang lebih cepat. Maka, berbaringlah telentang dengan satu tangan di atas perut dan satu yangan di hati.

Kemudian tarik napas dalam-dalam melalui hidung selama empat hingga enam detik, lalu buang napas melalui hidung dengan gerakan panjang dan halus. Ulangi hal ini selama lima hingga 10 menit atau hingga kamu merasa siap tidur.



4. Isi Harimu dengan kegiatan positif

Ilustrasimakan sehat (Boldsky)

Menyusun hari-hari dengan berbagai macam kegiatan setelah bangun tidur secara rutinitas, seperti meluangkan waktu untuk bersantai, bekerja, makan, serta juga berolahraga dapat mengurangi stres dan cemas berlebih.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar