Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Cuma 5 Menit, Alat Canggih Ini Bisa Deteksi Virus Corona

Cuma 5 Menit Alat Canggih Ini Bisa Deteksi Virus Corona

INDOZONE.ID - Langkah besar untuk melawan pandemi virus corona kini semakin nyata. Baru-baru ini, sudah ada teknologi canggih yang bisa deteksi virus corona dalam waktu singkat. 

Abbott telah menerima otorisasi penggunaan darurat. Mereka menciptakan alat deteksi virus corona dengan ukuran portable, hanya sebesar alat pemanggang roti elektrik. 

Alat canggih yang diberi nama ID NOW ini bisa deteksi pasien apakah terjangkit Covid-19 atau tidak hanya dalam 5 menit. Sedangkan untuk deteksi lanjutan, hasilnya bisa terlihat dalam 13 menit. 

virus coronaIlustrasi virus corona (freepik)

ID NOW dilengkapi sensor yang dapat menguji molekuler dan mencari bagian kecil dari RNA virus SARS CoV 2 dan memperkuat segmen tersebut sampai keluar hasilnya. 

Sementara itu, metode pengujian lain yang kini digunakan banyak tenaga medis sangat memakan waktu hingga berhari-hari untuk memastikan pasien positif Covid-19 atau tidak. 

Kini, produsen Abbott tengah meningkatkan produksi dan diharapkan dapat beroperasi 50.000 sampel dalam sehari. Rilisnya alat ini dikabarkan baru ada di Amerika Serikat mulai pekan depan.

Perlu diketahui, beberapa perangkat ID NOW yang baru diciptakan itu sudah dikirimkan ke tenaga medis di Amerika Serikat. Jika semua prosedurnya berjalan dengan lancar, diharapkan Amerika bisa menghasilkan data lebih akurat dan pasien terinfeksi mendapat perawatan yang tepat dan cepat. 

Artikel Menarik Lainnya

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar