Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Cari Tau Sederet Manfaat Jus Buah Ara yang Menyegarkan

Cari Tau Sederet Manfaat Jus Buah Ara yang Menyegarkan

INDOZONE.ID - Tubuh manusia membutuhkan banyak asupan vitamin, serat dan sumber nutrisi lainnya. Sumber-sumber tersebut bisa di dapat dengan mengonsumsi sayuran dan buah.

Salah satu buah yang bagus banget untuk kesehatan ialah buah ara. Buah berbentuk lonceng ini mengandung nutrisi seperti serat, kalium, kalsium dan magnesium.

buah araIlustrasi buah ara. (unsplash/Nathalie Jolie)

Buah berwarna merah ini memiliki biji yang mudah dicerna oleh tubuh. Sama seperti buah lainnya yang bisa diolah jadi jus, buah ara juga tak kalah nikmat jika dijadikan jus.

Untuk membuat buah ara jadi jus yang menyegarkan. Kamu hanya perlu merendam buah ara mentah semalaman. Setelah direndam, kamu bisa mengolah buah ara jadi jus yang menyehatkan.

Selain memberikan sensasi menyegarkan, jus buah ara ternyata memiliki sejumlah manfaat lho. Berikut ulasannya!

1. Mengobati insomnia

jus buah araIlustrasi orang mengalami insomnia. (pexels/Kinga Cichewicz)

Nah, buat kamu yang punya masalah sulit tidur alias insomnia, buah ara adalah pilihan tepat sebagai obatnya.

Jus buah ara yang encer memiliki efek potensial pada sistem saraf pusat (SSP). Dalam sebuah penelitian, jus buah ara memiliki tindakan sedatif-hipnotis pada SSP yang membantu kecemasan, migrain dan insomnia pada seseorang.

2. Mengobati infeksi pernapasan

jus buah araIlustrasi orang terkena infeksi pernapasan. (pexels/freestocks.org)

Jus buah ara mengandung senyawa fenolik, asam organik dan sifat anti inflamasi yang dapat meringankan penyakit pernapasan seperti batuk, sakit tenggorokan atau masalah bronkial lainnya.

3. Mencegah risiko diabetes

jus buah araIlustrasi alat tes diabetes. (pixabay/Tesa Robbins)

Jus buah ara memiliki efek signifikan pada kadar glukosa darah dan kadar kolesterol. Berdasarkan sebuah penelitian, ekstrak etil asetat dalam ara membantu meningkatkan pemanfaatan glukosa dan mengendalikan diabetes.

Studi tersebut juga menyebutkan bahwa jus buah ara memiliki efek sitoprotektif pada sel beta pankreas yang membantu mengatur kadar glukosa dalam tubuh.

4. Menjaga berat badan

manfaat jus buah araIlustrasi wanita tengah menimbang berat badan. (pixabay/luxstorm)

Buah ara mengandung serat yang dapat memberikan rasa kenyang. Dengan mengonsumsi buah ara, seseorang dapat menjaga berat badannya tetap ideal.

5. Mencegah Alzheimer

jus buah araIlustrasi pria penderita alzheimer. (pixabay/Gerd Altmann)

Siapa sangka jika buah satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi. Mulai dari sumber antioksidan, polifenol, serat makanan, vitamin, mineral serta asam amino dan nol kolesterol.

Semua kandungan dalam buah ara ini bisa membantu mencegah penyakit neurodegeneratif terkait usia seperti Alzheimer.

6. Membantu pembentukan otot

buah araIlustrasi pria berotot. (pixabay/lukaszdylka)

Jus buah ara mengandung  karbohidrat dan gula alami yang membantu meningkatkan energi. Seperti yang kita tau, tubuh manusia membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas.

Selain itu, jus buah ara juga mengandung protein yang berfungsi membantu membangun massa tubuh.

7. Memperlambat penuaan

jus buah araIlustrasi kulit awet muda. (pexels/Min An)

Jus ara memiliki banyak senyawa fenolik yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan ini akan membuat radikal bebas pergi pdan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

Buah ara juga mengandung flavonoid tingkat tinggi dan anthocyanin yang berkontribusi untuk menawarkan sifat anti-inflamasi, sehingga memperlambat penuaan dan membuat kulit sehat.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar