Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Dikira Perempuan, Sosok Srikandi Ternyata Waria? 

Dikira Perempuan Sosok Srikandi Ternyata Waria

INDOZONE.ID - Istilah srikandi sering terdengar dan biasanya digunakan untuk memberi label pada setiap perempuan Indonesia perkasa. Namun, seberapa banyak Sahabat Indozone tahu siapa sosok Srikandi itu sebenarnya.

Mungkin, yang paling gampang kita akan menyebutkan Srikandi adalah wanita pendekar dalam pewayangan Jawa, istri dari salah satu Pandawa Lima, Arjuna. Namun ternyata tidak sesederhana itu asal usulnya, khususnya penjelasan akan kelaminnya.  

Melansir dari Wikipedia, Srikandi adalah salah satu tokoh dalam wiracarita dari India, yaitu Mahabharata. Dalam kisah, ia digambarkan seorang perempuan, putri Raja Drupada dengan Dewi Gandawati dari Kerajaan Panchala. 

Sosok Srikandi dalam dunia wayangSosok Srikandi dalam dunia wayang (Wikipedia)

Sementara dalam versi pewayangan Jawa, Srikandi anak dari Prabu Drupada dan Dewi Gandawati yang menginginkan kelahiran seorang anak dengan normal. Karena kedua kakaknya lahir secara tidak normal, atau dilahirkan melalui puja semadi. 

Dewi Srikandi sangat gemar dalam olah keprajuritan dan mahir dalam mempergunakan senjata panah. Kepandaiannya tersebut didapatnya ketika ia berguru pada Arjuna, yang kemudian menjadi suaminya. 

Versi pewayangan Jawa ternyata berbeda dengan versi Mahabharata India. Dalam kitab Mahabharata bagian awal (Adiparwa) dijelaskan bahwa ia merupakan penitisan putri kerajaan Kasi bernama Amba, yang tewas karena dipanah oleh Bisma, pangeran kerajaan Kuru. 

Ilustrasi SrikandiIlustrasi Srikandi (Pitoyo/kokenjoe)

Disinilah ada perbedaan cerita, khususnya tentang asal usulnya. Srikndi di sini dijelaskan sebagai reinkarnasi (terlahir kembali) dari Amba dan terlahir kembali sebagai seorang wanita. 

Namun karena sabda dewata, Srikandi diasuh sebagai seorang laki-laki, atau kadang kala berjenis kelamin netral, dalam hal ini waria. 

Hal inilah yang membuat banyak asumsi apakah sebenarnya Srikandi ini perempuan, laki-laki, atau waria. Namun, sampai saat ini belum ada kejelasan pasti untuk tokoh tersebut. 

Dalam versi pewayangan Jawa terjadi hal yang hampir sama, tetapi dalam pewayangan Jawa dikisahkan bahwa ia menikahi Arjuna dan ini merupakan perbedaan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan kisah Mahabharata versi India.

Pertarungan Srikandi dan Bisma dalam BarathayudhaPertarungan Srikandi dan Bisma dalam Barathayudha (Wikipedia)

Sampai saat ini, masyarakat kita masih menganggap Srikandi adalah simbol dan suri teladan, khususnya untuk prajurit wanita. Dalam riwayat perang Bharatayudha, Dewi Srikandi berhasil membunuh Bisma, senapati dari Kurawa dengan panah Hrusangkali. 

Terlepas apa pun kelaminnya, Srikandi adalah sosok yang menjadi simbol kekuatan para perempuan masa kini di Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar