Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Mengenal Genre Distopia dan Contoh Film Distopia yang Wajib Ditonton 

Mengenal Genre Distopia dan Contoh Film Distopia yang Wajib Ditonton

INDOZONE.ID - Siapapun pasti pernah mendengar istilah film distopia. Biasanya kalau penggemar kisah fantasi tahu tentang istilah satu ini meski belum jelas secara detail.

Ada yang bilang distopia adalah bagian dari sub genre fantasi, science fiction. Namun kemunculan istilahnya sebenarnya berasal dari kata antonim dari distopia sendiri, yang dikenal dengan istilah utopia.

Melansir dari Wikipedia, utopia sendiri merupakan istilah yang diciptakan Thomas More dalam karyanya yang berjudul sama pada tahun 1516. Utopia diambil dari kata Yunani ou yang berarti 'tiada' dan topos yang berarti 'tempat.'

 Pada abad ke-17, istilah utopia diartikan sebagai; tempat ataupun masyarakat yang dianggap sempurna atau ideal. Nah, distopia ini berarti kebalikan dari tempat yang ideal. Dalam artian tempat atau masyarakat yang tidak ideal.

Sehingga dalam beberapa cerita distopia akan memperlihat sebuah kota atau tempat yang berisi pemerintah atau masyarakat yang rusak. Tidak semuanya harus kota khayalan seperti dalam genre fantasi, karena hal itu bisa terjadi di dunia nyata.

Salah satu contohnya dengan mengandaikan sesuatu. Bagaimana jika saat perang dunia, Nazi yang memenangkan peperangan? Apa yang akan terjadi di masyarakat dunia saat ini?

Atau, bagaimana jika ada sebuah virus yang membuat seluruh dunia terjangkit dan menghabisi setengah populasi manusia serta merubah wajah masyarakat?  Hal itu akan menjadi sebuah perkembangan cerita dari genre distopia.

Nah, berikut adalah beberapa contoh film bertema distopia yang perlu Sahabat Indozone tonton.

Hal ini akan menjadi sebuah kisah yang menarik

1. The Giver

2. Hunger Games.

3. V For Vendetta

4. Children of Men

5. Divergent

6. Contagion.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar