Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Tidur Jadi Tak Nyenyak karena Hidung Tersumbat? Atasi dengan Cara Ini

Tidur Jadi Tak Nyenyak karena Hidung Tersumbat Atasi dengan Cara Ini

INDOZONE.ID - Di tengah pandemi corona seperti sekarang ini, penting sekali bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan.

Namun, karena satu dan lain, penyakit seperti flu bisa saja menyerang suatu waktu. Kalau sudah begini, maka dapat dipastikan hidung pun jadi tersumbat.

hidung tersumbatIlustrasi seorang wanita yang mengalami hidung tersumbat. (pixabay/silviarita)

Alhasil, aktivitas pun jadi terganggu dan tidur jadi tak nyenyak karena hidung tersumbat. Saat hidung tersumbat, kebanyakan orang akan bernapas melalui mulut.

"Alaminya bernafas melalui hidung, tetapi ketika Anda harus bernapas melalui mulut, terutama saat tidur, itu menjadi kering," kata Danh Ngo, seorang dokter bidang osteopati di Medical Offices of Manhattan, yang dilansir dari Insider.

Hidung tersumbat kata Danh karena adanya pembengkakan yang terjadi di dalam pembuluh darah hidung. Kondisi ini pula menyebabkan banyak cairan di dalam hidung.

hidung tersumbatIlustrasi wanita yang hidungnya tersumbat. (pixabay/Mojca JJ)

"Pembengkakan jaringan ini pada umumnya mengarah ke sumbatan hidung. Itulah sebabnya muncul sensasi sesak itu," ujarnya.

Tak hanya karena hidung tersumbat, tidur juga jadi tak nyenyak, karena ada gejala lain yang terjadi. Mulai dari sakit kepala, batuk hingga sakit telinga.

"Tidur, tetap terhidrasi, dan makan makanan bergizi, semua penting untuk mengatasi pilek dan menghilangkan hidung tersumbat," tuturnya.

Lantas, bagaimana caranya agar tidur jadi nyenyak dan tak terganggu hidung yang tersumbat?

Ahli kesehatan Lina Velikova, MD mengatakan, salah satu cara agar tidur jadi nyenyak saat hidung tersumbat adalah, tidur dengan posisi telentang.

Berbaring di satu sisi kata Lina, dapat membuat salah satu atau kedua lubang hidung jadi sesak.

Lina menambahkan, agar cairan dalam hidung bisa keluar, cobalah untuk membuat posisi bantal lebih tinggi. Biarkan kepala lebih tinggi dari tubuh.

Selain itu kata Lina, cobalah untuk memasang alat pelembap di kamar saat tidur. Udara lembap di dalam kamar dapat membuat cairan atau lendir di dalam hidung cepat keluar.

Kamu juga mencoba mandi air hangat sebelum tidur, setelah itu letakkan handuk hangat di atas dahi, agar cairan di dalam hidung keluar.

Langkah terakhir yang bisa dilakukan ialah, meminum obat seperti antihistamin atau dekongestan sebelum tidur untuk mengurangi gejala flu.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar