Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Gunakan Daun Sirih untuk Pengobatan, Amankah Secara Medis?

Gunakan Daun Sirih untuk Pengobatan Amankah Secara Medis

INDOZONE.ID - Obat-obatan herbal sejak lama dipercaya dan digunakan oleh masyarakat untuk mengatasi penyakit tertentu. Selain itu, sekarang sudah mulai banyak penelitian tentang kegunaan herbal dalam pengobatan medis. Hal ini turut ditegaskan oleh DR. (Cand.) dr Inggrid Tania, M. Si selaku Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia.

Menurutnya, pengobatan herbal dan medis bisa sejalan. Namun memang ada syaratnya.

"Kalau herbal tersebut sudah diteliti hingga uji klinis sampai khasiatnya terbukti, maka bisa digunakan dalam pengobatan karena diakui oleh kalangan medis," ujar dr Inggrid kepada Indozone melalui pesan singkat, Jumat (27/3/2020).

daun sirihDaun sirih (freepik)

Salah satu herbal yang dipercaya memberikan kegunaan untuk pengobatan adalah daun sirih. Daun sirih mengandung vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karoten. Selain itu, ada pula kandungan minyak atsiri dan komponen kimiawi seperti minyak sirih dan chavicol, betelphenol, eugenol, terpene, serta campene. Dikatakan oleh dr Inggrid, dalam dunia medis air rebusan daun sirih bisa dimanfaatkan untuk antiseptik.

"Daun sirih dapat menghilangkan bau mulut dan badan, meredakan batuk dan gatal alergi atau gatal akibat gigitan serangga, mengurangi nyeri otot dan nyeri perut, serta membantu mengatasi mimisan dan gusi berdarah," katanya

Daun sirih dapat ditemukan dengan mudah di masyarakat. Umumnya, untuk mendapatkan manfaat dari daun sirih, masyarakat bisa merebus sekira 5-7 lembar daun sirih kurang lebih 30 menit. Setelah itu air rebusan diminum untuk mendapatkan khasiat seperti yang disebutkan di atas.

Walau memberikan manfaat, daun sirih tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan. Ada efek samping yang bisa terjadi bila konsumsi daun sirih tidak sesuai aturan.

"Efek samping yang terjadi kalau mengonsumsi daun secara berlebih bisa iritasi lambung. Atau bisa juga terjadi reaksi alergi kalau yang mengonsumsi ada alergi terhadap sirih," pungkas dr Inggrid.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar