Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Boleh Pakai Sabun untuk Bersihkan Miss V, Tapi...

Boleh Pakai Sabun untuk Bersihkan Miss V Tapi

INDOZONE.ID - Organ intim kewanitaan memiliki kemampuan untuk membersihkan diri sendiri melalui cairan yang keluar. Selain itu di Miss V juga ada bakteri baik yang membantu melindungi organ tersebut dari infeksi jamur atau bakteri jahat. Kendati demikian, perempuan tidak boleh mengabaikan kebersihan Miss V.

Menurut dokter spesialis kandungan dan kebidanan dr Dinda Derdameisya SpOG, memang sebenarnya tidak perlu ada perlakuan khusus untuk menjaga kebersihan Miss V. Hanya saja pada perempuan yang aktif, ditakutkan mobilitas dan rutinitas yang tinggi dapat mengubah keseimbangan pH di Miss V. Kondisi ini membuat nantinya Miss V lebih mudah terinfeksi jamur dan bakteri karena menganggu keseimbangan bakteri baik.

"Jadi ada baiknya perempuan yang aktif menggunakan sabun khusus kewanitaan untuk membersihkan Miss V. Enggak perlu tiap hari, setidaknya gunakan sabun seminggu 2-3 kali apabila aktivitasnya tinggi," ujar dr Dinda saat dihubungi Indozone melalui pesan singkat, Jumat (27/3/2020).

sabunSabun (freepik)

Sabun Khusus Kewanitaan

Lebih lanjut dokter yang sering membagikan tips dan edukasi di akun Instagram @tanyadokdin itu mengatakan, perempuan boleh menggunakan sabun khusus kewanitaan yang dijual di pasaran. Namun memang ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Contohnya seperti jenis kulit dan reaksi alergi.

"Biasanya perempuan yang kulitnya sensitif bisa mengalami alergi saat menggunakan sabun kewanitaan yang dijual bebas," kata dr Dinda.

Selain itu, sebelum membeli sabun khusus kewanitaan di pasaran, perempuan harus lebih dulu memerhatikan kandungan yang ada. Dijelaskan oleh dr Dinda, sabun tersebut harus memiliki komposisi yang alami dan mengandung prebiotik. Sabun yang mengandung prebiotik jauh lebih bagus dibanding yang mengandung antiseptik. Sabun dengan prebiotik dapat merangsang pertumbuhan probiotik atau bakteri baik di Miss V.

"Sebenarnya kalau Miss V sehat, tidak ada masalah, tidak ada keputihan, tidak perlu menggunakan sabun antiseptik. Justru penggunaan sabun antiseptik terus menerus efeknya malah membunuh bakteri baik. Sedangkan kalau sabun yang mengandung prebiotik bagus untuk flora normal di Miss V," pungkas dr Dinda.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar