Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Berapa Lama Alat Kesehatan Kedaluwarsa?

Berapa Lama Alat Kesehatan Kedaluwarsa

INDOZONE.ID - Pandemi Covid-19 membuat warga Indonesia cukup resah. Mereka yang panik berlebihan mendadak borong sejumlah alat kesehatan (Alkes) sampai stoknya habis di apotek. 

Alat-alat kesehatan tersebut terdiri dari masker medis, masker N95, alkohol kadar 70-96 persen, hand sanitizer, termometer, hingga alkohol swab. Perlu diketahui, sebenarnya tidak semua alat kesehatan tersebut boleh digunakan masyarakat awam.

Ada tata cara penggunaan, cara menyimpan, khususnya tanggal kedaluwarsa yang jadi hal penting untuk diperhatikan. Sebab jika sembarangan memakainya, maka dampaknya tak bisa dianggap remeh. 

Sejumlah alat-alat tersebut sebenarnya memiliki tanggal kedaluwarsa masing-masing tergantung jenisnya. Biasanya, anjuran pakai alat kesehatan tertera di kemasan produk. 

Dilansir CPTMED, Selasa (24/3/2020 ada sejumlah faktor yang menentukan alat medis masih layak digunakan atau tidak.

1. Kerusakan fisik

Alat kesehatanIlustrasi alat kesehatan (CPTMED)

Hal pertama adalah lihat kondisi fisiknya. Jika alat kesehatan kemasan atau labelnya sudah rusak, lebih baik jangan digunakan. 

2. Kerusakan kimia

Alat kesehatanIlustrasi alat kesehatan (CPTMED)

Alat kesehatan seperti alkohol mengandung bahan kimia yang bisa rusak seiring dengan waktu penyimpanan. Perhatikan jika alkoholnya berubah warna atau berbau aneh. 

3. Kerusakan mikrobiologis 

Ilustrasi alat kesehatanIlustrasi alat kesehatan (Overstock)

Itulah sebabnya alat kesehatan tidak boleh digunakan masyarakat awam tanpa pengetahuan medis. Sebab, alat-alat kesehatan ini umumnya harus disimpan dengan benar, steril agar aman digunakan. Faktor penyimpanan yang salah dapat membuat alat kesehatan itu dicemari kuman, virus dan bakteri dan membuatnya berbahaya jika digunakan dalam keadaan tidak steril. 

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar