Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Berapa Lama Alat Kesehatan Kedaluwarsa?

Berapa Lama Alat Kesehatan Kedaluwarsa

INDOZONE.ID - Pandemi Covid-19 membuat warga Indonesia cukup resah. Mereka yang panik berlebihan mendadak borong sejumlah alat kesehatan (Alkes) sampai stoknya habis di apotek. 

Alat-alat kesehatan tersebut terdiri dari masker medis, masker N95, alkohol kadar 70-96 persen, hand sanitizer, termometer, hingga alkohol swab. Perlu diketahui, sebenarnya tidak semua alat kesehatan tersebut boleh digunakan masyarakat awam.

Ada tata cara penggunaan, cara menyimpan, khususnya tanggal kedaluwarsa yang jadi hal penting untuk diperhatikan. Sebab jika sembarangan memakainya, maka dampaknya tak bisa dianggap remeh. 

Sejumlah alat-alat tersebut sebenarnya memiliki tanggal kedaluwarsa masing-masing tergantung jenisnya. Biasanya, anjuran pakai alat kesehatan tertera di kemasan produk. 

Dilansir CPTMED, Selasa (24/3/2020 ada sejumlah faktor yang menentukan alat medis masih layak digunakan atau tidak.

1. Kerusakan fisik

Alat kesehatanIlustrasi alat kesehatan (CPTMED)

Hal pertama adalah lihat kondisi fisiknya. Jika alat kesehatan kemasan atau labelnya sudah rusak, lebih baik jangan digunakan. 

2. Kerusakan kimia

Alat kesehatanIlustrasi alat kesehatan (CPTMED)

Alat kesehatan seperti alkohol mengandung bahan kimia yang bisa rusak seiring dengan waktu penyimpanan. Perhatikan jika alkoholnya berubah warna atau berbau aneh. 

3. Kerusakan mikrobiologis 

Ilustrasi alat kesehatanIlustrasi alat kesehatan (Overstock)

Itulah sebabnya alat kesehatan tidak boleh digunakan masyarakat awam tanpa pengetahuan medis. Sebab, alat-alat kesehatan ini umumnya harus disimpan dengan benar, steril agar aman digunakan. Faktor penyimpanan yang salah dapat membuat alat kesehatan itu dicemari kuman, virus dan bakteri dan membuatnya berbahaya jika digunakan dalam keadaan tidak steril. 

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar
    Artikel Untukmu
    10 Tipe Warganet. Kamu yang Mana?
    Era digital memunculkan istilah 'warganet' yang mengacu pada penggunanya. Mereka memiliki sifat unik dan beraneka ragam. Melalui ulasan di bawah ini, kamu bisa tahu karaktermu di media sosial.
    Sebelum Menikah, 4 Pantangan yang Wajib Dihindari Calon Pengantin
    GenPI.co - Pernikahan adalah keputusan besar yang diambil oleh pasangan dan keluarga. Itulah mengapa banyak orang merasa tegang ketika mempersiapkan pernikahan. Meskipun hari pernikahan merupakan momen yang sangat membahagiakan, namun banyak orang y
    Sinopsis dan Trailer Film "The Theory of Everything - 2014"
    The Theory of Everything merupakan sebuah film yang disutradarai oleh James Marsh.
    Ternyata! Beginilah Dibalik Layar Proses Pembuatan Film Titanic yang Melegenda!
    Para pecinta film romantis pasti sudah pernah menonton film Titanic kan? Film romantis sepanjang masa yang satu ini, diangkat dari kisah nyata, yaitu kisah tentang tenggelamnya kapal nan megah Titanic karena menabrak batu es di lautan. Meskipun demikian, cerita dalam film ini lebih ditonjolkan kepada kisah antara dua insan yang bertemu dikapal tersebut yang akhirnya terikat perasaan cinta, Rose dan Jack. Dengan soundtrack lagu Celine Dion berjudul My Heart Will Go On, film ini sukses membakar emosi para penontonnya.
    Inilah Daftar Pembunuh Berantai Paling Sadis yang Tidak Banyak Diketahui Orang
    Nama mereka tidak sepopuler pembunuh lainnya, tapi kejahatan yang dilakukan sangatlah keji dan lebih mengerika dari yang bisa dibayangkan.