Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Kemenkes Gandeng Ojek Online, Cek Apakah Kamu Terinfeksi Covid-19?

Kemenkes Gandeng Ojek Online Cek Apakah Kamu Terinfeksi Covid-19

INDOZONE.ID - Tingginya kasus suspect virus covid-19 hingga hari ini membuat sejumlah rumah sakit rujukan pemerintah kewalahan. Berangkat dari kenyataan tersebut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menggandeng transportasi online.

Kedua aplikasi ini memanfaatkan teknologi untuk membantu pemerintah  melakukan pengecekan kesehatan pada masyarakat. Aplikasi ini akan fokus terhadap Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait pandemi virus covid-19.

Dalam konferensi pers yang digelar secara online, Sekretaris Jendral Kementerian Kesehatan, drg. Oscar Primadi menjelaskan bahwa "Dua aplikasi tersebut sekiranya mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Pandemi ini merupakan tantangan seluruh masyarakat di Indonesia oleh sebab itu dibutuhkan penanganan secara bersama-sama untuk memberikan pelayanan terbaik untuk publik," Kata Oscar Primadi saat penanda tanganan MoU Gojek, Grab, Halodoc dan Good Doctor di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Ads in here

Ojek onlineOjek online (Instagram/@gojekindonesia)

Di samping itu, aplikasi daring kersehatan ini juga mengambil peran guna melancarkan kesepakatan ini. Keduanya, menyediakan pelayanan konsultasi secara online dengan dokter 1x24 jam full.

"Kami secara sigap memberikan pelayanan secara gratis dengan menghadirkan 20 ribu dokter berlisensi yang tersebar di seluruh Indonesia," ujar Jonathan Sudarta, CEO Halodoc di acara yang sama.

Gojek dan Halodoc akan bekerja menghadirkan layanan telemedik untuk menyebarkan informasi terkait perkembangan pandemi covid-19. Saat masuk ke laman Gojek bisa langsung memencet "Apakah Aku Sehat?" bisa langsung dialihkan ke layanan chat Halodoc.

"Kami akan berusaha menampilkan penjelasan secara lengkap sekaligus obat yang disarankan. Jika ada indikasi yang serius maka kami akan merekomendasikan ke sejumlah rumah sakit yang telah bekerja sama dengan kami," tambah Jonathan.

Sejumlah driver ojek online menunggu penumpang di kawasan Stasiun Palmerah, Jakarta, Selasa (28/1/2020).Sejumlah driver ojek online menunggu penumpang di kawasan Stasiun Palmerah, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Sedangkan Grab bekerja sama dengan Good Doctor. Laman Grab bertajuk "Cek Risiko Terinfeksi Covid-19?". Pengunjung bisa mengisi formulir yang berisi pengecekan, kamu tinggal jawab 'ya' atau 'tidak'. Lalu screen capture dan berikan pada layanan Good Doctor di layanan chat.

Selain itu, kedua aplikasi transportasi online tersebut juga menyediakan layanan antar jemput motor maupun mobil.

"Pelayanan ini kami berikan untuk pasien dan petugas medis. Ini diharapkan bisa membantu mereka dan meringankan beban meraka," papar Shinto Nugroho, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Gojek.

Tak hanya kasus virus corona, kedua aplikasi ini juga melayani semua jenis penyakit. Pasien dengan obat-obatan rutin dan perawatan juga tetap bisa menggunakan layanan ini. Sekitar 30 menit obat akan sampai ditangan konsumen.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Yang mungkin kamu suka
Komentar