Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Pria Ini Ungkap Alasan Kenapa Sabun Lebih Ampuh Usir Corona daripada Hand Sanitizers

Pria Ini Ungkap Alasan Kenapa Sabun Lebih Ampuh Usir Corona daripada Hand Sanitizers

INDOZONE.ID - Hand sanitizer menjadi salah satu alat perlindungan yang banyak dicari orang-orang, untuk melindungi diri dari penyebaran virus corona.

Bahkan, kini cairan pembersih tangan itu masuk dalam kategori langka karena sangat sulit ditemukan.

sabun lebih baik dari hand sanitizerIlustrasi wanita menggunakan hand sanitizer. (unsplash/Kelly Sikkema)

Setelah turun dari transportasi umum atau baru tiba dari mana saja, seseorang diminta untuk selalu membersihkan tangannya dengan hand sanitizer.

Tapi, benarkah hand sanitizer ampuh untuk menangkal kuman dan virus pandemi corona?

Seorang pria bernama Alton Brown menguak sebuah fakta yang sedikit mencengangkan. Alton mengatakan bahwa sabun lebih ampuh untuk mengusir kuman corona daripada hand sanitizer.

Dalam unggahan video di kanal Youtube-nya, Alton menjelaskan bagaimana sabun jadi barang yang lebih ampuh untuk mengusir virus corona. 

Alton menjelaskan, sabun bisa menjadi alat perlindungan yang tepat agar terbebas dari penyebaran virus corona.

mencuci tangan pakai sabun lebih baik daripada menggunakan hand sanitizerIlustrasi orang mencuci tangan memakai sabun. (pexels/cottonbro)

Ini karena sabun mengandung zat yang disebut amphiphiles. Kandungan amphiphiles dalam sabun dapat menarik zat lemak yang dimiliki oleh virus corona, sehingga akan tertarik dari tubuh kita.

Alton menjelaskan, hand sanitizer memang dapat membunuh kuman, tapi tak bisa mengangkat dan menjangkau semua virus yang ada.

Dalam unggahan video itu, Alton memberitahu bagaimana caranya mencuci tangan yang benar. Menurutnya, mencuci tangan yang benar dilakukan selama 30 detik bukan 20 detik.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar