Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Terapkan Panduan BSSN Ini agar Aman Bekerja dari Rumah

Terapkan Panduan BSSN Ini agar Aman Bekerja dari Rumah

INDOZONE.ID - Seperti yang kita tau, sejak virus corona menyerang Indonesia, pemerintah mengambil sejumlah kebijakan.

Mulai dari meliburkan sekolah dan mengubah kegiatan belajar mengajar secara daring, hingga para pekerja yang diminta untuk bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Sejumlah instansi atau perusahaan telah menetapkan aturan agar para karyawannya bekerja dari rumah. Langkah ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Ads in here

Meskipun bekerja dari rumah, keamanan para pekerja, staf atau karyawan haruslah tetap terjaga.

Untuk itulah, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui akun media sosialnya mengeluarkan lima panduan keamanan bagi para pekerja yang mengikuti kebijakan kerja dari rumah.

Panduan BSSN untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat berinteraksi di ruang siber (cyberspace) saat melakukan WFH itu di antaranya:

1. Waspada terhadap Social Engineering

tips aman bekerja dari BSSNIlustrasi hacker. (unsplash/Steve Halama)

BSSN mengimbau pada masyarakat yang bekerja dari rumah untuk tetap waspada terhadap sejumlah kegiatan untuk mendapatkan informasi penting dengan cara menipu pemilik informasi itu.

Caranya adalah dengan tidak membuka email dan tautan (link) yang mencurigakan atau berasal dari sumber tak terpercaya.

Saat bekerja dari rumah, para peretas (hacker) tau bahwa staf/karyawan akan mengandalkan informasi dari koneksi internet seperti email, group chat, hingga media sosial.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh hacker untuk meretas data dan informasi dengan memakai situs palsu yang mirip dengan situs aslinya (metode phising).

Hacker itu selanjutnya akan menjalankan aksinya dengan berbagai modus. Misalkan, ia mengirim kabar yang mendesak atau urgent.

2. Lindungi jaringan internet di rumah

tips aman bekerja dari rumah dari BSSNIlustrasi pria membuat password untuk melindungi jaringan internet di rumah. (pixabay/methodshop)

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan ialah melindungi jaringan internet di rumah. Untuk melindunginya, gantilah password jaringan bawaan pabrik dengan password baru.

Kamu harus memastikan bahwa password ini hanya diketahui oleh orang-orang terpercaya. Agar tak mudah diretas, buatlah password yang sulit tapi mudah diingat.

3. Buat kombinasi password yang sulit

tips aman bekerja dari BSSNIlustrasi orang membuat password. (pixabay/Gerd Altmann)

Untuk membuat password yang sulit diretas, buatlah password dari gabungan huruf besar dan huruf kecil, deret angka, serta tanda baca (koma, titik, tanda seru, tanda tanya, tambah, kurang, dan sebagainya).

Selain itu, gunakan password yang berbeda untuk setiap akun dan layanan. Mulai dari email, database, dan sistem online lainnya. Jangan lupa untuk gunakan multi-otentikasi atau otentikasi multifaktor (Multifactor Authentication/ MFA).

4. Update perangkat lunakmu

ini tips aman bekerja dari BSSNIlustrasi pria meng-update perangkat lunak. (unsplash/Danial RiCaRoS)

Selain membuat password yang sulit, jangan lupa untuk memastikan semua perangkat lunak (software) yang berjalan di perangkat maupun sistem elektronik dalam keadaan paling terbaru (update).

Hal ini karena para hacker biasa memanfaatkan celah keamanan dari software yang dipakai. Celah keamanan ini akan selalu terbarukan (patch) melalui update yang diberikan oleh pengembang (developer) perangkat lunak (software).

Kamu bisa menerapkan sistem perbarui otomatis (automatic update) agar tidak lupa.

5. Batasi Akses Anak, Keluarga dan Tamu

Tips aman bekerja dari rumah ala BSSNIlustrasi orang bekerja dari rumah. (pexels/Burst)

Bekerja dari rumah, sangat berbeda dengan kerja di kantor. Ada berbagai macam gangguan dan tantangan jika seseorang bekerja dari rumah. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga.

Demi alasan keamanan, beritahu anggota keluarga untuk tidak memakai perangkat elektronik milikmu. Anak-anak atau anggota keluarga yang lain, bisa saja tidak sengaja menghapus file penting milikmu.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Yang mungkin kamu suka
Komentar