Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Bagaimana Cara Virus Corona Merusak Organ Tubuh?

Bagaimana Cara Virus Corona Merusak Organ Tubuh

INDOZONE.ID - Virus corona baru atau SARS CoV tipe 2 menyebar melalui droplet atau cairan bersin dan batuk. Cairan yang terdapat virus itu bisa menginfeksi orang lain yang sistem imunnya rendah dan kemudian jadi terinfeksi Covid-19. 

Lantas seperti apa prosesnya sampai virus bisa berkembangbiak dan menyebabkan inang barunya itu terinfeksi? 

Dikutip dari laman WHO, virus SARS  CoV tipe 2 sebenarnya tidak langsung masuk ke tubuh orang lain. Cairan droplet yang mengandung virus itu bisa saja terlempar dan menempel di benda-benda dengan radius 1,5 hingga 1,8 meter. Jika menempel di benda mati, virus tersebut sanggup bertahan hingga 2 hari. 

Ketika anggota tubuh menyentuh benda yang terdapat virus, lalu tak sengaja menyentuh mata, hidung dan mulut pada saat itu pula virus mulai menginfeksi tubuh. Partikel virus ini kemudian sanggup bergerak cepat ke bagian saluran hidung dan membran mukosa di belakang tenggorokan. 

IlustrasiVirus corona (FDA)

Dilihat karakter genetiknya, virus corona baru memiliki permukaan berupa protein yang berujung runcing. Bagian ini memungkinkan virus menempel di membran dan kemudian berkembangbiak hingga membuat sel tubuh tidak berfungsi normal. 

Setelah berlipat ganda, virus menyebar dan menginfeksi bagian tubuh yang ada di sekitarnya. Karena itulah pasien Covid-19 sering mengalami batuk hingga sakit tenggorokan. 

Gejala selanjutnya virus menginfeksi bagian dalam tubuh, khususnya paru-paru. Fungsi paru-paru pun terganggu dan membuatnya bekerja lebih keras. 

"Jika ada pembengkakan di area paru, maka hal itu dapat membuat oksigen sulit melintasi membran mukosa," kata dr Amy Compton-Phillips, Chief Clinical Officer Providence Health System. 

IlustrasiVirus corona (Archyworldys)

Pembengkakan ini membuat paru mengalami gangguan sirkulasi oksigen karena di area paru sudah terinfeksi, penuh cairan, nanah dan sel mati. Dari proses inilah pneumonia terjadi. 

Tak hanya sampai di situ, pada kasus Covid-19 terparah, berarti virus sudah menjalar ke semua bagian vital tubuh seperti jantung, ginjal, hati dan menyebabkan kerusakan fungsi. 

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar