Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Awas Jangan Salah Paham, Ini Lho Bedanya SARS COV Tipe 2 dan Covid-19

Awas Jangan Salah Paham Ini Lho Bedanya SARS COV Tipe 2 dan Covid-19

INDOZONE.ID - Ada dua istilah yang beredar di masyarakat terkait virus corona. Dua istilah populer tersebut adalah SARS COV2 dan Covid-19, apa maknanya?

Ketika infeksi soal virus corona baru pertama kali dilaporkan oleh Tiongkok, virus tersebut belum diberi nama. Selama beberapa waktu infeksi akibat virus itu disebut "coronavirus novel 2019". 

Seiring berjalannya waktu, otoritas kesehatan mengidentifikasi penyakit akibat virus corona baru dengan sebutan Covid-19, sedangkan untuk nama virusnya adalah SARS CoV tipe 2. 

Ads in here

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), sebenarnya ada beberapa jenis virus corona, beberapa di antaranya memang berkaitan dengan penyakit saluran pernapasan bagian atas dan dampaknya ringan. Dari 7 jenis virus corona yang menginfeksi manusia tersebut, 3 tiga di antaranya berevolosi dari strain hewan. 

IlustrasiCovid-19 (FDA)

Dari banyaknya penyakit yang disebabkan oleh beragam jenis virus corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendorong para ahli untuk menggunakan sebutan Covid-19 untuk kasus penyakit yang terbilang baru ini. 

Pada istilah Covid-19, untuk kata 'Co' adalah singkatan dari corona, 'Vi' untuk virus, 'D' untuk penyakit dan '19' menunjukkan tahun di mana virus ini diidentifikasi untuk pertama kali. 

Sedangkan untuk sebutan SARS CoV tipe 2 adalah untuk nama virusnya. Virus ini secara genetik ada kesamaan dengan virus corona penyebab SARS, wabah yang menyebabkan sindrom pernapasan akut pada 2002-2003 silam, namun itu bukan virus yang sama. Virus SARS CoV-2 diketahui telah berevolusi dan menyebabkan infeksi berbeda dari virus corona lain. 

WHO juga menekankan kalau istilah terkait virus corona mirip dengan penyebutan untuk HIV dan AIDS. HIV adalah nama virusnya, sedangkan AIDS adalah penyakitnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Yang mungkin kamu suka
Komentar