Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Bill Gates Telah Prediksi Ketidaksiapan Dunia Hadapi Wabah Covid-19

Bill Gates Telah Prediksi Ketidaksiapan Dunia Hadapi Wabah Covid-19

INDOZONE.ID - Keadaan mewabahnya Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona baru di tahun 2020 disebut-sebut telah diramalkan oleh banyak pihak. Sebut saja kartun The Simpsons dan buku The Eyes of Darkness. Terbaru, pendiri Microsoft yakni Bill Gates juga dikatakan telah memprediksi mewabahnya virus baru ini.

Melansir Interesting Engineering, Selasa (17/3/2020), Bill Gates dikatakan beberapa tahun lalu pernah berpidato tentang bencana besar di masa depan yang disebabkan oleh mikroba, bukan perang nuklir.

Dalam pidatonya ia mengatakan, begitu bencana mikroba atau virus tersebut melanda populasi di seluruh dunia, penanganannya tidak siap secara besar-besaran. Perkataan dalam pidato tersebut bila dibandingkan dengan situasi sekarang bisa dikatakan benar.

"Bencana bukan rudal, tapi mikroba. Jika ada yang membunuh lebih dari 10 juta orang dalam beberapa dekade mendatang, kemungkinan besar itu adalah virus yang sangat menular daripada perang," kata Gates dalam TED Talk tahun 2015.

virus coronaIlustrasi pejalan kaki memakai masker. (INDOZONE/Arya Manggala)

Menariknya, Gates menunjukkan bahwa secara global masyarakat dunia telah menginvestasikan banyak hal dalam peperangan dan strategi menangani situasi jika terjadi perang. Sayangnya, hanya investasi untuk menangani epidemi sangat sedikit.

"Kita tidak siap untuk epidemi berikutnya," kata Gates kala itu.

Pada kenyataannya, negara-negara di dunia tidak memiliki tim ahli epidemiologi yang siap untuk menyelamatkan populasi di bumi ketika virus menyerang. Berbeda dengan penempatan tentara dunia yang telah siap jika saat tertentu terjadi perang. Perkataan Gates sangat sesuai dengan kondisi saat ini. Virus corona menyebar ke seluruh dunia dengan sangat cepat dan menginfeksi ratusan ribu orang.

Kendati demikian, Gates mengatakan kemajuan akan membantu dunia dalam perjuangan melawan wabah virus. Contoh, kemajuan sains dan teknologi telah membantu menyebarkan berita dengan cepat dan secara internasional. Lalu kemajuan dalam bidang biologi juga mengubah waktu penelitian menjadi lebih singkat untuk melihat patogen virus dan membuat obat-obatan serta vaksin untuk melawannya.

Gates menyarankan krisis kesehatan global harus disamakan dengan cara mempersiapkan perang. Dia menyatakan, harus ada sistem peringatan dan respons global yang masih belum tersedia saat ini. Dengan kemajuan teknologi dan sains, dunia dapat bekerja sama untuk mengatasi pandemi dan dengan pulihnya sejumlah besar orang yang terinfeksi maka vaksin akan segera ditemukan.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar