Indozone ID Menulis artikel
@indozone

5 Jenis Gempa dan Penyebabnya!

5 Jenis Gempa dan Penyebabnya

INDOZONE.ID - Gempa merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia. Hal ini karena, Indonesia terletak di wilayah Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik.

Cincin Api Pasifik adalah istilah untuk menyebut suatu daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Gempa sendiri memiliki beragam jenis dan penyebabnya lho. Nah, kali ini Indozone akan membahas jenis-jenis gempa dan penyebabnya yang harus kamu tau. Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Gempa Tektonik

jenis-jenis gempa dan penyebabnyaIlustrasi kerusakan akibat gempa. (Unsplash/Jarrett Mills)

Gempa tektonik pada umumnya terjadi di perut bumi dengan kedalaman lebih dari 10 kilometer. Gempa ini berdampak luas sehingga kemungkinan dampaknya juga lebih banyak. Dapat menimbulkan kerusakan parah.

2. Gempa Vulkanik

Jenis Gempa dan PenyebabnyaIlustrasi gempa vulkanik. (Envatoelements/Galyna_Andrushko)

Gempa Vulkanik hanya dirasakan dalam skala lokal dan hanya berjarak beberapa kilometer saja. Magma yang bergerak naik ke permukaan gunung melepaskan energi yang membuat daerah di sekitar gunung tersebut terjadi getaran.

3. Gempa Tumbukan

Jenis Gempa dan Penyebabnya!Ilustrasi gempa. (Pixabay)

Benturan benda langit dengan kekuatan besar menciptakan getaran di area sekitar tempat jatuhnya benda tersebut. Namun skala getaran tergantung dari kekuatan benturan, termasuk ukuran benda langit.

4. Gempa Runtuhan

Jenis Gempa dan Penyebabnya!Ilustrasi kerusakan akibat gempa. (Unsplash/Yves Moret)

Runtuhan dari tanah longsor atau tebing yang runtuh akan menciptakan getaran saat reruntuhan tersebut turun, akan tetapi hal ini hanya akan terjadi jika jumlah runtuhan dalam skala banyak.

5. Gempa Buatan

Jenis Gempa dan Penyebabnya!Ilustrasi kerusakan gempa. (Unsplash/Jason Dent)

Ledakan dari uji coba bom dan proses peruntuhan sebuah bangunan menjadi contoh dari penyebab gempa buatan. Aktivitas tersebut mengakibatkan getaran yang bisa dirasakan oleh area disekitaran lokasi tersebut dan bersifat gempa lokal.

Itulah jenis-jenis gempa dan penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar