Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Berapa Lama Hand Sanitizer Melindungi Tangan dari Kuman?

Berapa Lama Hand Sanitizer Melindungi Tangan dari Kuman

INDOZONE.ID - Untuk memproteksi diri dari paparan virus corona (Covid-19) yang bisa dilakukan saat ini ialah dengan rajin mencuci tangan. Bila air dan sabun sulit dijangkau, maka praktisnya orang-orang menggunakan pencuci tangan antisepstik (hand sanitizer).

Lantas, berapa lama higientitas hand sanitizer bertahan untuk melindungi tangan dari kuman dan bakteri?

Berdasarkan hasil beberapa penelitian, hand sanitizer tidak mampu bertahan melindungi tangan dari kuman dalam waktu yang lama. Bahkan sangat sebentar.

"Dalam kandungan hand sanitizer terdapat alkohol. Durasinya hanya bertahan satu hingga dua menit saja setelah terkontaminasi dengan paparan lain. Maka, ketentuannya hand sanitizer harus dipakai ulang," ungkap Philip Tierno Jr., PhD, direktur mikrobiologi klinis dan imunologi di NYU Langone Medical Center kepada New York Daily News, Jumat (13/3/2020).

Namun sayangnya, hampir separuh orang Amerika meyakini hand saitizer dapat bertahan melindungi tangan dari kuman hingga 30 kali llipat lebih lama. Menurut survei dari Healthpoint, hand sanitizer bisa bertahan hingga enam jam. Survei ini juga dipakai untuk mendeskripsikan fungsi produk.

"Hand sanitizer lebih baik daripada tidak sama sekali jika Anda akan berjabat tangan dengan seseorang atau jika Anda berada di jalan tanpa wastafel atau handuk kertas, tetapi hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mencuci dengan sabun dan air," kata Dr. Len Horovitz.

Kendati demikian, hand sanitizer tetap memiliki manfaat baik. Studi pada 2010 menyebut, hand sanitizer yang mengandung alkohol setidaknya melindungi pemakainya dari paparan penyakit. Para pekerja yang rajin menggunakan hand sanitizer memiliki risiko sakit lebih kecil daripada mereka yang tidak.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar