Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Ini Khasiat Pohon Kina yang Diklaim Bisa Sembuhkan Pasien Corona

Ini Khasiat Pohon Kina yang Diklaim Bisa Sembuhkan Pasien Corona

INDOZONE.ID - Pohon kina disebut-sebut dapat menjadi solusi untuk mengobati pasien yang terinfeksi virus corona (Covid-19). Hal ini karena pohon kina memiliki kandungan yang sama dengan chloroquine yang berdasarkan penelitian di Tiongkok, bisa mengobati pasien corona.

Tanaman dengan nama latin Cinchona pubescens ini disebut berasal dari lereng pegunungan Andes yang berada di sekitar Peru dan Ekuador. Namanya diambil dari nama seorang putri kerajaan, yakni Putri Cinchon yang konon menderita penyakit malaria dan sembuh karena pohon kina.

Ini Khasiat Pohon Kina yang Diklaim Bisa Sembuhkan Pasien CoronaIlustrasi pohon kina. (Pinterest)

Ampuh untuk Obat?

Seperti Indozone lansir dari berbagai sumber, Kamis (12/3/2020), pohon dengan bunga berwarna merah ini telah lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi demam oleh penduduk Amerika. Di Indonesia, pohon kina banyak tumbuh di Jawa Barat. Ini berawal dari abad ke-17 saat orang-orang Eropa mulai sadar akan khasiat pohon kina.

Pohon kina liar kemudian diburu untuk menjadi obat, hingga akhirnya didirikan perkebunan komersial pohon kina di Jawa. Kulit tanaman ini mengandung kina, yaitu senyawa antipiretik untuk penurun demam yang juga bisa digunakan dalam pengobatan malaria.

Ekstrak pohon kina dapat mengobati pasien malaria, karena kandungan di dalamnya bisa membunuh parasit malaria yang ada di aliran darah. Selain malaria, pohon kina juga bisa menyembuhkan masalah pencernaan, seperti perut kembung.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar