Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Kulit Kering Akibat Sering Cuci Tangan, Begini Cara Mengatasinya

Kulit Kering Akibat Sering Cuci Tangan Begini Cara Mengatasinya

INDOZONE.ID - Sejak masuknya virus corona di Indonesia, sejumlah ahli kesehatan menghimbau masyarakat untuk rajin mencuci tangan. Bahkan, demi mengantisipasi penyebaran virus covid-19 ini kita disarankan untuk mencuci tangan usai melakukan aktivitas apapun.

Namun sayangnya, efek samping dari seringnya mencuci tangan rupanya membuat kulit menjadi lebih kering.

Pada dasarnya cairan sabun mengandung alkohol yang bisa membuat permukaan kulit kering. Lalu apakah kita boleh mengolesi krim tangan untuk melembabkan kulit?

"Kamu boleh saja mengoleskan krim tangan usai mencuci tangan, tapi ingat pastikan tangan sudah dalam kondisi kering. Sebisa mungkin krim tersebut hanya kamu gunakan untuk dirimu sendiri," kata Dr. Lindsay Broadbent dari Pusat Infeksi dan Kekebalan Tubuh di Queens University Belfast, dilansir dari The Guardian, Kamis (12/3/2020).

Kulit Kering Akibat Sering Cuci Tangan, Begini Cara MengatasinyaIlustrasi wanita mengoleskan krim tangan. (Envatoelements/valuavitaly)

Jangan Berbagi Krim Tangan

Penggunaan krim tangan juga sebaiknya tidak berbagi dengan orang lain, hal ini meminimalisir penyebaran kuman dari orang lain. Karena kita tidak tahu apakah orang tersebut telah membersihkan tangannya.

Ia juga menambahkan bahwa virus corona tidak bisa bertahan pada permukaan kulit yang bersih. Guna menghindari tumbuhnya bakteri, pegang badan botol, jangan sampai terkena lubang pada botol krim tangan.

Bagi yang memiliki kondisi kulit pecah-pecah, bisa menggunakan body lotion untuk melembabkan usai mencuci tangan. Tapi ingat, jangan sentuh lubang pada botol.

Menurut Dr Stephen Griffin dari kelompok riset antivirus dan viral oncology di University of Leeds, mengoleskan krim tangan merupakan ide yang baik di tengah gencarnya himbauan mencuci tangan sesering mungkin.

Dengan begitu, kita nggak perlu khawatir kulit akan menjadi kering karena terlalu sering cuci tangan.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar