Indozone ID Menulis artikel
@indozone

2 Aplikasi VPN Milik Sensor Tower Diam-diam Curi Data Para Pengguna!

2 Aplikasi VPN Milik Sensor Tower Diam-diam Curi Data Para Pengguna

INDOZONE.ID - Saat ini banyak sekali aplikasi-aplikasi VPN (Virtual Private Network) yang ada di toko aplikasi. Namun tidak semua aplikasi tersebut aman untuk digunakan karena ada aplikasi yang dapat mencuri data para pengguna.

Hal tersebut lah yang baru-baru ini ditemukan oleh BuzzFeed News, diketahui pihaknya telah melakukan penelitian terhadap dua aplikasi buatan Sensor Tower yaitu Adblock Focus dan juga Luna VPN dan berhasil menemukan bahwa aplikasi tersebut mencuri data pengguna.

Dikatakan bahwa saat dipasang (install), aplikasi buatan Sensor Tower tersebut langsung meminta pengguna untuk memasang sertifikat root yang memungkinkan pengembang aplikasi mengakses seluruh lalu lintas data di smartphone.

Logo perusahaan Sensor TowerLogo perusahaan Sensor Tower (photo/Sensor Tower)

Tentunya hal tersebut cukup membahayakan para pengguna. Apalagi Sensor Tower selama ini dikenal sebagai salah satu perusahaan riset dan teknologi yang cukup terkenal dan terpercaya.

Pihak Sensor Tower mengatakan bahwa mereka hanya mengumpulkan data tersebut untuk melakukan analisis, seluruh data yang diambil juga dipastikan bersifat anonim.

Namun pihak Google dan Apple saat ini telah menghapus dua aplikasi yang dimaksud tersebut untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut apakah aplikasi tersebut berbahaya atau tidak.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar