Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Thalita Latief Idap Tumor Tiroid, Ketahui Gejala dan Penanganannya

Thalita Latief Idap Tumor Tiroid Ketahui Gejala dan Penanganannya

INDOZONE.ID - Di antaranya banyaknya jenis penyakit, ada penyakit yang cukup ditakuti oleh orang-orang, yaitu kanker tiroid atau tumor tiroid. Seperti halnya yang dialami oleh aktris Thalita Latief.

Dalam unggahan sebuah video di akun Instagram-nya, Thalita Latief mengungkapkan bahwa ada tumor di kelenjar tiroidnya. Ia bahkan sudah menjalani perawatan selama dua bulan terakhir dan akan melakukan operasi.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Thalita Latief (@thalitalatief) on Mar 6, 2020 at 2:57am PST

Sebenarnya apa sih kanker tiroid itu? Kanker tiroid adalah salah satu jenis kanker yang berkembang di dalam kelenjar tiroid. Kanker dapat terjadi saat ada sel-sel tiroid yang berkembang tidak normal.

Kelenjar tiroid sendiri adalah organ kecil yang ada di bagian depan leher dan berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh, tekanan darah, denyut jantung, suhu, dan berat badan.

Kelenjar tiroid memiliki dua jenis sel yang berbeda, yaitu sel folikuler dan sel parafolikuler (sel C).

Jenis kanker yang berkembang tergantung pada sel apa yang terdampak. Biasanya gejala kanker tiroid ditandai dengan munculnya nodul atau benjolan pada kelenjar tiroid.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa tak semua benjolan adalah kanker tiroid. Bisa saja pembengkakan yang terjadi di kelenjar tiroid adalah penyakit gondok.

Penyakit ini biasanya akan menyerang individu yang keluarganya memiliki riwayat gangguan tiroid. Namun, penyakit tiroid juga bisa disebabkan oleh faktor kelebihan berat badan, sering terpapar radiasi dan memiliki gangguan pencernaan.

Sebenarnya, 75% orang dari keseluruhan populasi memiliki nodul atau benjolan tiroid. Namun, biasanya nodul tersebut bersifat jinak. Hanya 1% nodul yang berpotensi berkembang jadi kanker.

Penyakit yang satu ini juga memiliki gejala yang tidak terlalu terlihat saat pertama kali muncul. Benjolan itu akan terasa jika disentuh secara langsung. Benjolan tersebut juga tidak akan terasa sakit jika disentuh meskipun teksturnya keras.

Selain munculnya benjolan, berikut ini sejumlah tanda-tanda yang muncul jika mengidap kanker tiroid.

  1. Pembengkakan di leher yang berkembang dengan cepat.
  2. Timbul rasa sakit di bagian depan leher hingga naik ke telinga.
  3. Rasa sakit di bagian tenggorokan.
  4. Mengalami kesulitan pernapasan.
  5. Suara serak dan tak kunjung pulih selama seminggu.
  6. Nyeri di bagian leher.

Setelah mengetahui tentang gejala kanker tiroid, lantas bagaimana penanganan yang tepat untuk penyakit ini? Berikut informasinya.

1. Segera pergi ke dokter

dokterIlustrasi orang pergi ke dokter. (pexels/bongkarn thanyakij)

Langkah pertama yang harus dilakukan saat gejala kanker tiroid muncul ialah segera pergi ke dokter. Pemeriksaan yang dilakukan lebih awal akan membuat penyakit cepat diatasi.

Biasanya dokter akan meraba benjolan tersebut sembari meminta penderitanya menelan. Jika benjolan terdapat di kelenjar tiroid maka kelenjar itu akan bergerak mengikuti gerakan menelan.

2. Tes darah

tesIlustrasi tes darah. (pexels/Pranidchakan Boonrom)

Setelah dilakukan pemeriksaan fisik, maka penderita akan diminta untuk melakukan tes darah. Tes ini berfungsi untuk melihat apakah kelenjar tiroid yang ada di leher berfungsi dengan normal.

Jika dari hasil pemeriksaan ditemukan hormon yang tak normal, maka ada kemungkinan pasien terkena kanker tiroid.

3. Tes genetik

tioIlustrasi pemeriksaan tumor tiroid. (Poliklinika Adarta)

Beberapa orang yang terkena kanker tiroid biasanya memiliki perubahan genetik, yang berhubungan dengan kanker endokrin lainnya. Dalam pemeriksaan ini, dokter akan mencari gen yang dapat meningkatkan risiko kanker.

4. Tes biopsi

biopsiIlustrasi pasien yang melakukan biopsi. (SpringerLink)

Langkah selanjutnya yang biasa dilakukan oleh dokter pada penderita tumor tiroid ialah melakukan biopsi. Dalam prosedur ini, dokter akan memasukkan jarum kecil untuk mengambil sedikit jaringan kelenjar tiroid.

Dengan tes ini, maka dokter bisa mendeteksi apakah sel dalam kelenjar itu berpotensi berkembang jadi kanker.

5. Laringoskopi

tiIlustrasi orang terkena kanker tiroid. (suchanabox)

Penanganan selanjutnya yang dilakukan yaitu pemeriksaan laringoskopi. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengecek  kotak suara (laring) dengan alat bernama laringoskop.

Alat berbentuk tabung ini berfungsi untuk melihat bagian kotak suara pasien. Karena kanker tiroid bisa mempengaruhi pita suara penderitanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar