Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Fakta-Fakta RSPI Sulianti Saroso, Tempat Isolasi Pasien Suspect Corona

Fakta-Fakta RSPI Sulianti Saroso Tempat Isolasi Pasien Suspect Corona

INDOZONE.ID - Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso di Sunter dijadikan sebagai rumah sakit khusus untuk merawat pasien yang terinfeksi virus corona.

Hingga kini, pasien suspect corona yang diisolasi di RSPI berjumlah 9 orang. Dari 9 pasien, 8 di antaranya kondisinya dinyatakan baik.

Di balik kepopuleran nama RSPI, ada sejarah dan fakta-fakta terkait rumah sakit ini. Simak ulasannya yang berhasil dirangkum Indozone, Kamis (5/3/2020).

1. Pakai Nama Dokter dari Bali

Fakta-Fakta RSPI Sulianti Saroso, Tempat Isolasi Pasien Virus CoronaRSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Nama rumah sakit ini diambil dari nama seorang dokter asal Karangasem, Bali, Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso. Dia adalah seorang tokoh kedokteran Indonesia yang pernah memperoleh gelar Doctor of Public Health (Epidemiologi) tahun 1965.

2. Berawal di Pulau Onrust

Fakta-Fakta RSPI Sulianti Saroso, Tempat Isolasi Pasien Virus CoronaSeorang karyawan memakai masker di depan RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Pembangunan rumah sakit ini berawal dari stasiun karantina di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu pada 1917 hingga 1958. Fungsi utamanya adalah untuk menampung penderita cacar dari Jakarta dan sekitarnya.

3. Didirikan di Tanjung Priok

Fakta-Fakta RSPI Sulianti Saroso, Tempat Isolasi Pasien Virus CoronaRSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Setelah Indonesia dinyatakan bebas cacar, stasiun karantina ini berubah menjadi Rumah Sakit Karantina yang dibangun di kawasan pelabuhan Tanjung Priok pada 1985. Rumah sakit ini digunakan untuk melayani pasien dengan penyakit menular atau infeksi. Rumah sakit ini pun digunakan hingga 1994. 

4. Pindah ke Sunter

Fakta-Fakta RSPI Sulianti Saroso, Tempat Isolasi Pasien Virus CoronaMobil Ambulans yang membawa penjaga rumah pasien corona tiba di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Setelah menjalani fungsinya sebagai rumah sakit karantina, pada tahun 1994 rumah sakit ini pindah ke Sunter dan diberi nama RSPI Sulianti Saroso. Alamat rumah sakit ini di Jalan Baru Sunter Permai Raya, Jakarta Utara.

5. Jadi Rumah Sakit Rujukan

Fakta-Fakta RSPI Sulianti Saroso, Tempat Isolasi Pasien Virus CoronaKaryawan memakai masker saat beraktivitas di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

RSPI Sulianti Saroso yang  ini dijadikan sebagai rumah sakit rujukan awal untuk pasien yang terinfeksi virus seperti SARS, flu burung, HIV/AIDS, MERS, dan difteri. Kini, rumah sakit ini menangani pasien yang diduga terinfeksi virus corona di Jakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar