Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Ketahui Berbagai Jenis Vertigo dan Cara Mengatasinya

Ketahui Berbagai Jenis Vertigo dan Cara Mengatasinya

INDOZONE.ID - Ketika kamu tiba-tiba merasa pusing atau kepala seperti berputar dan kehilangan keseimbangan, mungkin itu tandanya kamu sedang mengalami vertigo.

Seseorang bisa mengalami vertigo biasanya karena terdapat gangguan pada saraf bagian otak atau pada rongga telinga bagian dalam penderita. Vertigo dapat dialami oleh siapapun tanpa batasan usia. 

Vertigo pada umumnya disebabkan oleh gangguan kesehatan yang berkaitan dengan rongga telinga bagian dalam. Berikut ini adalah beberapa jenis vertigo akibat gangguan pada telinga. Apa saja?

1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

vertigoIlustrasi sakit kepala. (Freepik)

Penyebab dari jenis vertigo ini biasanya dikarenakan adanya penumpukan sejumlah partikel kalsium pada rongga telinga bagian dalam.

2. Vestibular Neuronitis

vertigoIlustrasi sakit kepala. (Freepik)

Jenis vertigo ini biasanya disebabkan oleh gangguan kesehatan karena adanya infeksi pada saraf vestibular hingga terjadinya pembengkakan. Saraf vestibular bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan tubuh. Vertigo jenis ini biasanya dapat berlangsung selama lebih dari satu jam.

3. Penyakit Meniere

vertigoIlustrasi sakit kepala. (Freepik)

Vertigo jenis ini disebabkan oleh perubahan tekanan pada gendang telinga dan juga terjadi penumpukan cairan di dalam telinga. Kondisi tersebut juga dapat menyebabkan telinga berdengung dan kehilangan pendengaran sementara.

Lalu, sebelum menghubungi dokter untuk perawatan lebih lanjut, tidak ada salahnya kalau penderita vertigo terlebih dahulu mencoba melakukan beberapa gerakan sederhana.

Gerakan seperti epley maneuever, semont maneuever, atau gerakan brandt-daroff dipercaya mampu untuk mengurangi rasa pusing dan mual akibat vertigo. Berikut adalah salah satu contoh gerakan epley maneuever.

vertigoIlustrasi epley maneuever. (Twitter/@roshreview)

Pertama-tama duduk tegak di tepi kasur dan tengokkan kepalamu 45 derajat ke arah kiri atau kanan sesuai dengan telinga sebelah mana yang terasa sakit atau radang. Kemudian berbaring secara perlahan sambil pertahankan posisi kepala serong 45 derajat selama 30 detik.

Selanjutnya putar kepalamu 90 derajat ke sisi yang berlawanan secara perlahan dan pertahankan posisi tersebut selama 30 detik. Setelah itu, pertahankan posisi kepalamu tetap 90 derajat seperti tadi sambil kemudian secara perlahan miringkan seluruh tubuhmu ke arah dimana kepalamu menghadap. 

Otomatis setelah tubuhmu miring, maka kepalamu akan menghadap ke bawah atau ke kasur. Pertahankan posisi tersebut selama 30 detik juga. Terakhir, bangkit secara perlahan ke posisi duduk tegak dan berdiam diri selama beberapa menit. Usahakan jangan lakukan gerakan yang tiba-tiba dan menghentak.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
1
1 none
Komentar