Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Drama Musikal Belakang Panggung Tingkatkan Kesadaran Kekerasan Seksual

Drama Musikal Belakang Panggung Tingkatkan Kesadaran Kekerasan Seksual

INDOZONE.ID - Lentera Sintas Indonesia menghadirkan sebuah drama musikal tentang kekerasan seksual: "Belakang Panggung". Untuk pertama kalinya di Indonesia, sebuah pagelaran musikal hadir untuk tidak hanya menghibur, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap salah satu isu utama di Indonesia dan dunia.

Pada awal tahun 2020, sejumlah kasus pelecehan hingga kekerasan seksual telah terjadi di Indonesia. Dari kasus begal payudara, begal bokong, masturbasi di depan umum, hingga tuntutan mahasiswi kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengatasi kekerasan seksual di kampus dan universitas.

Belakang Panggung menghadirkan drama musikal yang sangat relevan saat ini dan menggugah. Drama musikal ini mengikuti perjalanan Rani Gunawan, aktris muda pendatang baru, yang mendapatkan kesempatan besar bermain sepanggung dengan bintang besar Aditya Santoso dan bekera di bawah arahan sutradara dan aset bangsa Teguh Santoso.

Ads in here

Musikal Belakang PanggungMusikal Belakang Panggung (Instagram.com/musikalbelakangpanggung).

Di atas panggung, Pak Teguh menghadirkan kisah cinta Rama Sinta nan ideal dan heroik, dimainkan Adit dan Rani. Tak dinyana, kesempurnaan di atas panggung menyembunyikan kebusukan di belakang panggung.

Produksi Belakang Panggung adalah gagasan produser Airin Efferin dan Dimas Subagio: suatu karya orisinil dari penulis Mario Hasan dan Andrew Trigg (yang juga menjadi sutradara) dan komposer Wishnu Dewanta.

Pagelaran ini menghadirkan beberapa aktor-aktor teater dan film terbaik Indonesia: Mian Tiara, Rama Widi, Muhammad Khan, Marissa Anita, dan Kiki Narendra. Tema yang sangat berat disajikan dalam cerita yang kreatif, mengejutkan, dramatis dan menghibur, yang memadukan teater musikal ceria dengan drama menegangkan.

Musikal Belakang PanggungMusikal Belakang Panggung (Instagram.com/musikalbelakangpanggung).

Data WHO 2013 menunjukkan, satu dari tiga wanita di seluruh dunia pernah mengalami kekerasan fisik atau kekerasan seksual selama masa hidupnya. Komnas Perempuan mencatatat setiap dua jam setidaknya ada tiga perempuan Indonesia yang mengalami kekerasan seksual.

Lewat tagar #MulaiBicara yang digunakan untuk mendukung kampanye melawan kekerasan seksual ini, Musikal Belakang Panggung akan ditampilkan di Institut Français Indonesia pada tanggal 6 – 8 Maret 2020.

Untuk info lebih lanjut mengenai kampanye atau musikal, masyarakat dapat mengakses Instagram @musikalbelakangpanggung dan @lentera_id untuk mendapatkan informasi terkini mengenai pertunjukkan tersebut.

Sumber: indozone.id
1
1 none
Artikel dari Indozone ID
Yang mungkin kamu suka
Komentar