Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Jangan Keliru, Begini Ini Cara Benar Pakai Masker 

Jangan Keliru Begini Ini Cara Benar Pakai Masker

INDOZONE.ID - Sejak kasus pasien Covid-19 terdeteksi ada di Indonesia. Masker mendadak jadi barang paling dicari masyarakat saat ini. 

Masker dinilai sebagai alat pelindung diri yang paling mudah dicari untuk penangkal virus. Namun ketika kamu salah menggunakannya, justru penggunaan masker jadi tidak efektif. 

Dikutip dari situs resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (3/3/2020), berikut tata cara penggunaan masker yang tepat. 

1. Sebelum menggunakan masker, bersihkan tangan dengan alkohol, air mengalir dan sabun, atau bisa juga dengan antiseptik untuk mengurai virus dan bakteri yang ada di tangan. 

2. Kenakan masker dengan menutupi mulut dan hidung. Pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker yang digunakan.

Ilustrasi maskerIlustrasi masker (Freepik)

3. Hindari menyentuh masker saat menggunakannya. Jika memang perlu menyentuh wajah atau masker, bersihkan tangan dengan cara di poin 1 yang sudah disebutkan. 

4. Ganti masker dengan yang baru ketika masker sudah lembap. Jangan gunakan masker kembali ketika ada tulisan “masker sekali pakai”. Sebab, masker ini sengaja didesain untuk hanya sekali pakai dan dipemakaian kedua, sudah tidak efektif lagi untuk menangkal virus dan bakteri. 

5. Jika ingin melepas masker, mulailah dari bagian pengait yang ada di telinga dan jangan dari bagian penutup hidung dan mulut. 

6. Buang masker yang sudah tidak layak pakai di tempat sampah tertutup dan cuci tangan kembali.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar