Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Hindari Beberapa Kebiasaan Ini agar Tak Berdampak Buruk pada Otak

Hindari Beberapa Kebiasaan Ini agar Tak Berdampak Buruk pada Otak

INDOZONE.ID - Sebagai salah satu bagian penting pada tubuh manusia, otak perlu dijaga dan dirawat kesehatannya agar tetap berfungsi dengan baik. Kemampuan otak akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Untuk menjaga otak agar tetap dapat berfungsi dengan baik, cara-cara yang bisa dilakukan adalah dengan istirahat yang cukup, rutin olahraga, menjaga asupan dan nutrisi yang masuk ke tubuh, serta memperhatikan kesehatan tubuh seutuhnya.

Selain kondisi fisik, kondisi psikologis juga dapat memengaruhi kinerja otak bahkan di usia muda. Seringkali kita tidak menyadari hal buruk yang kita lakukan dan ternyata berdampak pada kerusakan otak. Apa saja?

1. Kurang Berkomunikasi

kebiasaan burukIlustrasi sendirian. (Unsplash/Stefan Spassov)

Melakukan komunikasi dengan orang lain ternyata berpengaruh terhadap kondisi psikologis yang kamu miliki, lho. Kamu hanya cukup berbicara dengan orang lain selama beberapa menit.

Selain untuk memperbaiki kondisi mental, berbicara dengan orang lain juga dapat melatih otakmu dalam mengolah kata-kata, mendengarkan ucapan orang lain, dan berlatih untuk merespon percakapan dengan baik.

Jika kamu tinggal sendirian, kamu tak perlu keluar rumah setiap waktu dan bertemu dengan orang lain, kok. Cukup gunakan telepon dan berbincanglah dengan orang terdekatmu melalui telepon.

2. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

kebiasaan burukIlustrasi mengonsumsi gula. (PUREWOW)

Menjaga organ tubuh dengan baik, sama dengan membantu menjaga kemampuan fisik otakmu. Menghindari penyakit kolesterol tinggi, darah tinggi serta gula darah dapat membantumu mencegah datangnya penyakit alzheimer, stroke, dan demensia.

Mengurangi asupan gula yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dapat menyelamatkan otakmu dari kerusakan di usia muda. Gula yang menumpuk di dalam tubuh akan menganggu fungsi otak yang menyimpan memori serta informasi jangka panjang. Jadi tak heran jika mengonsumsi gula secara berlebihan dapat memengaruhi ingatanmu.

3. Jarang Melatih Otak

kebiasaan burukIlustrasi melakukan DIY. (Unsplash/NeONBRAND)

Otak ternyata juga menggunakan prinsip ‘bisa karena biasa’. Seseorang yang terus menerus melatih otaknya untuk melakukan suatu hal, maka akan menjadi ahli dalam hal tersebut. Kemudian performa dan kemampuan otak akan meningkat.

Meskipun setelah usia 25 tahun kemampuan otak akan terus mengalami penuruan, tak ada salahnya jika kamu terus melatih otakmu. Seperti membaca, menulis, bermain game, melukis, serta melakukan aktivitas-aktivitas positif lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar