Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Jangan Abaikan, Pola Makan Buruk Bisa Turunkan Jumlah Sperma

Jangan Abaikan Pola Makan Buruk Bisa Turunkan Jumlah Sperma

INDOZONE.ID - Kita semua tau bahwa pola makan akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Ketika pola makan yang diterapkan baik dan sehat, maka akan terjaga pulalah kesehatan tubuh.

Sebaliknya, pola makan yang buruk dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan. Mulai dari diabetes, malnutrisi, stres hingga penyakit yang berhubungan dengan jantung.

makanilustrasi makanan tidak sehat (pixabay/RitaE)

Tapi taukah kamu, ternyata pola makan yang buruk juga bisa menurunkan jumlah sperma pada pria. Hal ini berdasarkan sebuah studi yang tercantum dalam  jurnal JAMA Network Open.

Dengan melibatkan responden sebanyak 3.000 orang pria di Denmark, para peneliti membagi para pria itu ke dalam empat kelompok.

Kelompok pertama adalah pria yang mengonsumsi makanan pola barat. Kelompok kedua berisi pria bijaksana yang menerapkan pola hidup sehat.

Kelompok ketiga terdiri dari pria yang mengonsumsi sandwich dan kelompok pria terakhir adalah mereka yang menerapkan pola vegetarian (rendah daging).

iilustrasi bir (pixabay/Peter Kraayvanger)

Pola makanan barat diidentikkan dengan konsumsi pizza, burger, kentang goreng, daging olahan, minuman energi dan bir.

Sedangkan pola hidup sehat berhubungan dengan  konsumsi sayuran, buah-buahan, ikan, unggas, air, sereal dan telur.

Sementara itu, pola sandwich terdiri dari roti Denmark, daging olahan dingin, ikan, telur dan anggur.

Dan pola vegetarian terdiri dari minuman manis, minuman energi, biji-bijian, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, telur, tomat, kopi.

Dari proses penelitian disimpulkan bahwa para pria yang mengonsumsi banyak pizza, burger kentang goreng, dan makanan manis, memiliki jumlah sperma 25% lebih rendah daripada pria yang makan sayuran, ikan, dan buah-buahan.

vegeilustrasi beragam jenis makanan vegetarian (pixabay/silviarita)

Jumlah sperma para pria ini menurun dari sekitar 167 juta (pada para pria dengan pola makan sehat) menjadi  125 juta. Sedangkan para pria yang menerapkan pola vegetarian memiliki jumlah sperma rata-rata 151 juta.

Dilansir dari Indian Express, para peneliti mengatakan, makanan secara tidak langsung memiliki kaitan dengan kesehatan reproduksi pria.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar