Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Hidung Anak Mampet, Orang Tua Harus Apa?

Hidung Anak Mampet Orang Tua Harus Apa

INDOZONE.ID - Saat terserang batuk pilek, kebanyakan orang akan mengalami hidung mampet. Apabila hal itu terjadi pada anak-anak, mereka cenderung akan rewel. Sebab anak-anak terutama balita tidak tahu hal yang harus dilakukan dan mengungkapkan pada orang tuanya.

Namun, tentu orang tua bisa menyadari jika anaknya rewel karena hidung mampet. Bila sudah begitu, biasanya ada beberapa hal yang akan dilakukan oleh orang tua. Termasuk mengeluarkan mukus atau lendir dari hidung anak secara pasti.

"Ada anak yang menyedot hidung anaknya dengan mulut agar lendir keluar, tetapi itu efektifitasnya tidak terlalu banyak. Malah orang tua bisa tertular, itu ada penelitiannya," ujar dokter spesialis anak Dr. dr Nastiti Kaswandani, Sp. A (K), saat ditemui dalam suatu acara, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020).

Ads in here

Selain itu, memaksa mengeluarkan lendir dari hidung anak juga dapat merusak epitel di dalamnya yang bisa menyebabkan lecet. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan tuli. Sebab ada hubungan antara hidung dengan telinga tengah.

"Makanya salah satu fungsi obat-obatan hidung itu untuk mengurangi bengkak, sehingga telinganya juga tidak pengang. Untuk mengurangi mampet pada hidung anak, bisa diberikan semprot fisiologis atau obat topikal yang aman sehingga lendir bisa keluar secara alami tanpa disedot paksa," kata dr Nastiti.

Tak hanya menggunakan obat, orang tua juga bisa pakai cara mudah, yaitu dengan cotton bud.

"Kalau mau bersihkan hidung dengan cotton bud juga boleh. Akan tetapi, jangan dipaksa sekuat-kuatnya. Tidak boleh juga dibersihkan dengan sesuatu yang sampai memberikan sedotan keras," pungkas dr Nastiti.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Yang mungkin kamu suka
Komentar