Indozone ID Menulis artikel
@indozone

4 Cara Mengatasi Anak Sembelit 

4 Cara Mengatasi Anak Sembelit

INDOZONE.ID - Tak hanya diare, masalah gangguan pencernaan yang umum terjadi pada anak adalah sembelit atau konstipasi. Gangguan pencernaan ini disebabkan oleh pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi oleh anak. Ada beberapa tanda anak mengalami konstipasi.

Seperti, anak buang air besar (BAB) kurang dari dua kali seminggu. Feses terlihat keras dan bulan. Selain itu, anak harus mengedan dan kesakitan ketika BAB. Untuk mengatasi konstipasi, ada tata laksana yang perlu dilakukan.

Pertama, clean out treatment. Ini merupakan langkah evakuasi tinja sehingga langsung keluar semua. Sebab apabila feses terlalu lama berada di dalam usus besar. Hal itu menyerap air dari feses tersebut sehingga ukurannya semakin besar dan keras. Akibatnya feses susah dikeluarkan dan terasa sakit.

"Jika tak keluar, bisa menumpuk ke atas hingga penuh. Anak bisa masuk ke kamar operasi dan dievakuasi fesesnya," kata konsultan gastroenterologi hepatologi anak dari RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, dr Frieda Handayani, Sp. A (K).

Ditemui dalam suatu acara, Kamis (27/2/2020) di Jakarta, dr Frieda mengatakan, kedua, orangtua juga bisa memberikan obat rumatan untuk mengatasi anak konstipasi. Caranya bisa bermacam-macam seperti memberikan glicerin NHCL yang dimasukkan ke tubuh. Walau begitu dosisnya harus disesuaikan dengan berat badan anak.

"Kalau pemberian dosisnya tidak sesuai berakibat infeksi mukosa pada anak. Selain itu, fesesnya malah bisa enggak keluar atau buang air besarnya cair banget," ujar dr Frieda.

Obat rumahan berfungsi melicinkan feses untuk keluar menggunakan laktulosa. Ketiga adalah pijat perut dan potty trainer.

"Kalau potty trainer setiap habis makan pagi  anak harus dibiasakan BAB. Jadi anak biasa berada di kamar mandi. Lakukan potty trainer 30 menit sesudah makan pagi, siang, dan malam.

Cara keempat yang bisa dilakukan adalah memberikan buah yang mengandung banyak serat. Menurut dr Fried, buah yang sebaiknya diberikan pada anak untuk mengatasi konstipasi adalah pepaya, apel tanpa kulit, plums, dan melon.

"Tapi pemberiannya jangan berlebihan. Kalau untuk anak yang sudah MPASI tidak boleh lebih dari 60 cc. Sedangkan untuk anak-anak usia sekolah adalah 100 cc," pungkas dr Frieda.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar