Indozone ID Menulis artikel
@indozone

5 Langkah Sederhana Menjaga Sistem Pencernaan Tubuh 

5 Langkah Sederhana Menjaga Sistem Pencernaan Tubuh

INDOZONE.ID - Sistem pencernaan tubuh memproses makanan dan minuman yang kita konsumsi saat sedang beraktivitas maupun sedang tertidur. Secara keseluruhan semua organ bekerja 24 jam perhari tanpa henti. 

Sistem pencernaan tubuh terdiri dari mulut, tenggorokan, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, hati, pankreas, kantung empedu dan anus. Semua saling terkoordinasi satu dengan yang lainnya. 

Setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah dengan baik oleh sistem pencerna hingga menjadi bagian-bagian kecil. Kemudian diubah menjadi sumber energi yang membantu pertumbuhan serta perbaikan sel. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga sistem pencernaan tubuh agar tetap sehat. Berikut ini tips menjaga sistem pencernaan tubuh yang bisa kamu lakukan:

Ads in here

1. Manfaatkan gigi untuk hancurkan makanan dengan baik.

Saat mengunyah makanan ada baiknya dihancurkan secara perlahan. Gigi akan memotong setiap bagian makanan yang masuk ke dalam mulut agar lebih mudah dicerna. 

Proses ini dikenal sebagai pencernaan mekanik, di mana air liur akan diproduksi lebih banyak saat kita mengunyah makanan. Kandungan enzim pada air liur mampu memecah karbohidrat dan lemak dalam makanan. 

2. Kurangi konsumsi lemak.

Kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, ketika tubuh mengonsumsi makanan berlemak maka risiko konstipasi jauh lebih besar. Tapi bukan berarti kita nggak boleh makan makanan seperti daging sapi atau daging kambing. Tetap diperbolehkan asal tidak berlebihan. 

3. Minum air 2-3 liter per hari.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh sekitar 2-3 liter per hari. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein. 

Pasalnya minuman kafein bersifat diuretik yang bisa meningkatkan produksi urin. Dengan begitu tubuh akan mengalami kekurangan cairan. 

4. Kelola stres demi pencernaan.

Mengelola stres dengan baik merupakan salah satu kunci tubuh mendapatkan proses pencernaan yang sempurna. Karena kalau kita stres aliran darah akan mengalami gangguan, kejadian ini berhubungan dengan konstipasi, diare, serta irritable bowel syndrome.

5. Makanan mengandung serat tinggi.

Perbanyak makan makanan yang mengandung serat tinggi. Karena serat mampu mengubah fases menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. 

Kamu juga bisa melakukan detoks guna membersihkan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan serat pada inulin juga mampu menyeimbangkan koloni bakteri di sistem pencernaan. 

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga sistem pencernaan dengan baik. Apabila terjadi gangguan pencernaan, segera hubungi medis untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Yang mungkin kamu suka
Komentar