Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Ketahui Berbagai Bahaya Pemberian MPASI Terlalu Dini

Ketahui Berbagai Bahaya Pemberian MPASI Terlalu Dini

INDOZONE.ID - Makanan pendamping ASI (MPASI) wajib didapatkan seorang bayi selain ASI terutama untuk rentang satu tahun pertama dalam hidupnya.

Secara umum, MPASI mulai dikenalkan pada bayi setelah berusia enam bulan hingga satu tahun. Pemberiannya pun tidak boleh sembarangan, dilakukan secara bertahap.

Namun terkadang masih banyak para ibu yang memberikan MPASI sebelum anak berusia enam bulan. Hal ini dikarenakan minim pengetahuan dan ditambah dorongan orangtua atau mertua.

Ternyata memberikan MPASI pada bayi terlalu dini juga tidak baik lho. Dilansir dari berbagai sumber, memberi MPASI terlalu dini dapat memicu gangguan kesehatan, terutama masalah pencernaan dan tumbuh kembang anak.

MPASIIlustrasi bayi sedang makan. (Freepik)

MPASI bayi terlalu dini juga meningkatkan risiko anak terkena alergi dan terjangkit berbagai penyakit. Oleh karena itu, bagi para ibu harus memperhatikan rentang waktu pemberian MPASI pada anak.

Pada usia kurang dari enam bulan, sistem metabolisme tubuh yang dimiliki bayi belum siap. Saluran pencernaan pun belum sempurna, sehingga perlu bekerja ekstra untuk mengolah makanan padat.

Untuk itu, lebih baik bayi yang masih di bawah enam bulan diberi ASI eksklusif tanpa makanan pendamping.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar