Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Jaga Kesehatan di Musim Hujan dan Banjir dengan Konsumsi Makanan Ini

Jaga Kesehatan di Musim Hujan dan Banjir dengan Konsumsi Makanan Ini

INDOZONE.ID - Seperti diketahui beberapa wilayah di Indonesia masih berlangsung musim hujan hingga mengakibatkan banjir. Dalam kondisi seperti ini, tubuh akan rentan terserang penyakit. Oleh sebab itu perlu menjaga kesehatan dengan asupan makanan yang sehat.

Dilansir dari situs Stylecraze and Psychcentral, inilah sejumlah makanan yang perlu dikonsumsi dalam rangka menjaga kesehatan di musim hujan dan banjir.

1. Sup Ayam

sup ayamIlustrasi sup ayam.(foodnetwork.com)

Selain rasanya yang lezat, semangkuk sup ayam juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Sup ayam mengandung agen anti-inflamasi yang berasal dari rempah-rempah dan bawang di dalamnya. Selain itu, makanan ini juga bekerja seperti obat batuk yang membantu membersihkan hidung tersumbat dan mengurangi lendir.

2. Ubi Jalar

ubi jalarIlustrasi ubi jalar. (amazon.com)

Salah satu makanan yang mengandung vitamin A ini dapat membantu membangun jaringan ikat kulit. Jaringan ini adalah pertahanan pertama dalam melawan infeksi bakteri dan virus.

3. Ikan

ikanIlustrasi ikan. (Unsplash/@edouarddognin)

Jenis ikan seperti salmon, makerel, dan herring mengandung lemak Omega-3 yang baik untuk mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara, serta melindungi paru-paru dari flu dan infeksi pernapasan. Ikan juga mengandung selenium yang membantu sel darah putih memproduksi sitokin, jenis protein yang membersihkan tubuh dari virus flu.

4. Yoghurt

yoghurtIlustrasi yoghurt. (Unsplash/@klein2)

Sebuah penelitian di Universitas Vienna, Austria, mengungkapkan bahwa konsumsi 2 ons yoghurt sehari serupa efektif dengan minum obat kekebalan tubuh. Yoghurt dikenal mengandung bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.


Artikel Menarik Lainnya

Sumber: indozone.id
1
1 none
Komentar