J_astor Menulis artikel
@jastor

Paduan Lengkap MPASI, dari Usia hingga Pembagian Makanannya

Paduan Lengkap MPASI dari Usia hingga Pembagian Makanannya

INDOZONE.ID - MPASI atau makanan pendamping ASI adalah sebuah hal baru yang didapatkan oleh bayi selain ASI terutama untuk rentang satu tahun pertama dalam hidupnya.

Biasanya MPASI akan mulai dikenalkan pada bayi setelah berusia enam bulan. Pemberiannya pun dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan jadwal.

Semakin meningkat usia bayi, kebutuhan nutrisinya pun akan semakin bertambah. Orangtua harus selalu memperhatikan pemberian MPASI sesuai rentang usia bayi.

Ads in here

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini paduan lengkap pembagian secara usia dan jenis makanan yang harus diberikan ketika bayi MPASI. 

Usia 6-8 bulan

Pada usia ini, bayi membutuhkan energi sebanyak 600 kkal setiap hari. ASI mampu memberikan energi sebanyak 400 kkal, sehingga bayi masih membuntuhkan 200 kkal.

Jenis makanan untuk MPASI di usia 6-8 bulan sangat beragam. Mulai dari puree (makanan yang dilembutkan) buah, puree sayur, puree tahu, dan biskuit bayi.

MPASIIlustrasi bayi yang sedang makan. (Unsplash/Kazuend)

Usia 8-10 bulan

Bayi membutuhkan energi sebanyak 700 kkal setiap hari. Sedangkan ASI sudah memberikan energi 400 kkal, butuh 300 kkal untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Usia 8-10 bulan, bayi sudah bisa memegang makanan dengan tangan. Para ibu bisa memberikan sayuran tumbuk, biskuit bayi, keju, yogurt tawar, dan melon yang sudah dihaluskan.

Usia 10-12 bulan

Energi sebanyak 900 kkal dibutuhkan oleh bayi berusia 10-12 bulan. Masih membutuhkan 550 kkal supaya kebutuhan bayi terpenuhi.

Bayi berusia 10-12 bulan sudah bisa mengonsumsi makanan yang dimakan orangtuanya. Bayi juga sudah bisa mengenal rasa, sehingga variasi makanan semakin beragam.

Makanan yang bisa diberikan seperti buah yang dipotong, sayuran yang dipotong kecil-kecil, nasi tim, keju, dan yogurt tawar.

Nah, itulah jadwal MPASI yang bisa diberikan untuk buah hati. Jangan lupa dicatat ya, ibu-ibu.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar