Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Khusus Kaum Elite, Biaya Sekolah di Hoogere Burgerschool (HBS) Ternyata Fantastis di Masanya

Khusus Kaum Elite Biaya Sekolah di Hoogere Burgerschool HBS Ternyata Fantastis di Masanya
Berapa sih biaya bulanan sekolah di HBS?

Pada tanah jajahannya, Belanda mendirikan sekolah khusus untuk kaumnya dan pribumi kelas atas. Bukan lain agar mendapatkan ilmu dan menggantikan pekerjaan terdahulunya baik di bidang perdagangan, pemerintahan, perbankan, hingga jadi pemimpin daerah seperti bupati.

Pada 24 Februari 1817, Europeesche Lagere School atau ELS didirikan. Itu merupakan sekolah dasar yang dikhususkan untuk anak-anak Eropa. Sistem pendidikan mengadopsi dari Belanda. Sebagai lanjutan dari ELS, HBS didirikan setara dengan sekolah menengah di berbagai kota, salah satunya Surabaya.

Ratusan tahun didirikan, lantas bagaimana kondisi HBS saat ini? Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengenyam pendidikan di sana sata itu? Ulas bersama, yuk! 

1. Biaya sekolah

Kwikku, Biaya sekolah

Presiden Soekarno pernah mengenyam pendidikan di HBS Surabaya. Ia adalah seorang pribumi yang tergolong pandai. Sekolah itu sendiri didirikan untuk bangsa Eropa dan bumiputra elit. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan untuk bersekolah di sini nggak murah.

Menurut Presiden pertama Indonesia itu, para siswa diwajibakan membayar bulanan sebesar f15,00. Sedangkan biaya buku menghabiskan f75,00 tiap tahunnya. Lantas bagi anak didik pandai, namun nggak berasal dari pribumi kelas atas, tarif biaya ditolerir dan disesuaikan dengan gaji orang tua. 

2. Nasib HBS masa pendudukan Jepang

Kwikku, Nasib HBS masa pendudukan Jepang

Usai Belanda, Bumi Pertiwi dicengkeram oleh Jepang. Namun demikian HBS nggak dibubarkan begitu saja, bahkan unsur Eropa masih tetap dipertahankan. Sekolah ini lantas kekurangan peminatnya karena sekolah dengan pengantar Belanda nggak diminati oleh orang Tionghoa dan Bumiputra.

Mereka telah menggunakan Bahasa Indonesia, sehingga bahasa ibu tersebut mulai banyak disebar luaskan. HBS sendiri lantas mengubah sistem pengantar bahasanya menjadi Bahasa Indonesia. Hal tersebut juga disesuaikan dengan kebijakan pemerintah Jepang. 

3. HBS Usai Indonesia merdeka hingga kini

Kwikku, HBS Usai Indonesia merdeka hingga kini

Setelah Belanda menyerah pada tahun 1949, HBS Surabaya pun mengalami penyesuaian. Nggak semudah membalikkan telapak tangan karena kultur Belanda masih begitu kental. Hingga akhirnya P.Vielson selaku direktur sekolah menyerahkan pada B.J Pieters, lantas diberi kepada Marah Kamil S.P yang saat itu adalah direktur pertama berdarah pribumi.

Dari sanalah akhirnya HBS berubah menjadi Sekolah Menengah Atas Negeri tepat pada 1 Agustus 1950. Ketika bumiputra pertama memimpin untuk pertama kalinya, HBS Surabaya berganti nama menjadi SMA B Surabaya. Saat ini, sekolah itu dikenal sebagai sekolah kompleks karena ditempati oleh SMAN 1, 2, 5 dan 9 Surabaya.

Nah, pengetahuanmu kini sudah mulai bertambah kan Kwikkers? Apakah sekolahmu juga dulunya HBS? 

0
0 none
Komentar