Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Gunakan Nama BTS Untuk Merek Dagang, Big Hit Entertainment Perkarakan Perusahaan Kosmetik

Gunakan Nama BTS Untuk Merek Dagang Big Hit Entertainment Perkarakan Perusahaan Kosmetik

Big Hit Entertainment dikabarkan tengah berurusan dengan hukum terkait masalah pendaftaran merek dagang sebuah perusahaan kosmetik. Dilansir dari Biz Enter, agensi telah mengajukan gugatan pembatalan brand terhadap Dreams Korea yang memiliki hak untuk merek dagang bernama B.T.S.

Dreams Korea memiliki produk kosmetik bernama Back to Sixteen atau disingkat B.T.S. Merek dagang terdaftar sejak Agustus 2015 dan berakhir September 2025. Aplikasi brand diajukan pada Oktober 2014, sementara debut boy group BTS pada 2013. Sedangkan pada label produk, merek ditulis tanpa titik, sehingga menjadi BTS saja.

Pada tahun 2018, Big Hit Entertainment mengajukan aplikasi merek dagang untuk BTS, tetapi pada bulan April lalu ditolak karena punya nama sama dengan produk Dreams Korea. Di bulan yang sama, agensi meminta mereka membatalkan pendaftaran merek.

Pada 17 Oktober, Big Hit Entertainment dan L&P Cosmetic mengajukan gugatan pembatalan merek dagang terhadap Dreams Korea. Sebab BTS adalah model merek untuk Mediheal yang dimiliki oleh L&P Cosmetic.

Ads in here

75164-article-20191202115910.png

Pihak Dreams Korea akhirnya angkat bicara. Mereka mengatakan bila merek dijelaskan dengan tulisan Back to Sixteen. Mereka bahkan telah membeli URL dengan nama serupa pada tahun 2012 dan sama sekali nggak ada kaitannya dengan BTS. Saat ini produk tersebut telah meraup pasar dalam negeri dan fokus pada ekspor.

Namun demikian setelah BTS terkenal, Big Hit Entertainment justru menggugat merek dagang mereka. Pihak Dreams Korea sepakat untuk melakukan tindakan lebih lanjut karena perkara ini sangat nggak adil.

Menanggapi hal tersebut, seorang pengacara hak paten yang nggak mau disebutkan namanya berkomentar bahwa tujuan dari merek dagang adalah untuk mencegah kerusakan konsumen. Bahkan jika Dreams Korea menetapkan nama sebelum BTS terkenal, itu bisa jadi masalah karena singkatan yang di tulis pada produk nggak menggunakan titik. Ada kemungkinan merek dagang mereka dibatalkan karena bisa membingungkan konsumen.

Nah guys, apa pendapatmu tentang masalah ini? Tulis di kolom komentar ya! 

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar