Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Momen Super Junior Mengubah K-Pop Sebagai Musik Internasional (1)

Momen Super Junior Mengubah K-Pop Sebagai Musik Internasional 1
Pentolan K-Wave gelombang 2, Super Junior masih jadi panutan.
Cocok buatmu

Super Junior adalah salah satu grup K-Pop generasi kedua yang paling disegani. Kelompok ini lahir untuk pertama kalinya di era tersebut, tepatnya pada tahun 2005 dan masih aktif hingga saat ini.

Para member yang tergabung di dalamnya turut berkontribusi pada perkembangan gelombang Hallyu yang membawa pengaruh besar terhadap dunia musik Korea Selatan. Dalam hal musikalitas, nggak ada genre yang belum dicoba oleh mereka. Dari pop, alteratif rock, R&B, EDM, dan masih  banyak lagi lainnya sudah pernah dibabat habis.

Super Junior memimpin selama 14 tahun dan telah meraih pencapaian luar biasa. Berikut adalah momen di mana mereka berpengaruh hingga saat ini! 

1. Grup pertama yang promosi ke Cina

Super Junior M merupakan sub unit yang terdiri dari Han Geng, Donghae, Siwon, Ryeowook, dan Kyuhyun. Kemudian ditambah Henry dan Zhou Mi yang resmi menandatangani kontrak eksklusif khusus untuk grup kecil ini.

Saat itu SuJu M merupakan grup musik internasional yang promosi hingga ke Cina melalui hits U. Hal ini kemudian membawa pasar K-Pop sampai ke negeri tirai bambu. 

2. Memenangkan MTV Asia Awards Dalam Kategori Favorite Artist Korea

Kepopuleran Super Junior semakin menanjak seiring dengan diluncurkan lagu per lagu. Pada tahun 2008, mereka merupakan kelompok pertama dari generasi kedua yang memenangkan Favorite Artist Korea dalam MTV Asia Awards. 

3. Sorry sorry viral hingga internasional

Langkah Super Junior ke dunia internasional semakin terbuka kala merilis Sorry sorry. Terlepas dari kritikan yang dilayangkan, mereka meraih kesuksesan secara komersial. Lagu dan tarian banyak di-cover oleh para Youtuber dan dibagikan di media sosial. Inilah yang menjadi jalan memperkenalkan K-Pop ke dunia global. 

4. Dapat Undangan jadi dosen tamu di Universitas Oxford

Pada tahun 2013, Super Junior menerima undangan dari Oxford's Asian Pacific Associaton dan Korean Student Council untuk menjadi dosen tamu dalam materi Super Junior: The Last Man Standing.

Saat itu, Eunhyuk, Siwon, Kyuhyun dan Kangin hadir untuk memberikan pengajaran berbahasa Inggris. Mereka diskusi soal kesuksesan sebagai seniman, tentunya dalam jalur K-Pop dan Hallyu.

Apa hanya itu saja prestasi dari Super Junior? Ikuti terus kelanjutannya ya! 

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar