I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

5 Hal Klise yang Sering Terjadi di Anime Isekai, Bagian 2

5 Hal Klise yang Sering Terjadi di Anime Isekai Bagian 2
Menilik hal-hal klise di dunia isekai
Cocok buatmu
Kwikkers, sebelumnya kita sudah membahas mengenai hal-hal klise atau formula mainstream yang biasanya digunakan untuk anime isekai. Di antaranya adalah bahwa pemeran utama terlalu OP, MC dari background seorang otaku dan sejenisnya, prota yang digemari cewek-cewek, adanya demi-human, dan kemampuan MC untuk menembus batas kekuatan yang sebelumnya ada.

Lalu, apakah hal-hal klise anime isekai masih ada yang belum kita bahas? Rupanya ada. Antara lain adalah:

1. Kecelakaan Tragis sebelum Masuk Dunia Lain

Kwikku, Kecelakaan Tragis sebelum Masuk Dunia Lain
Sumber: youtube.com
Ada berbagai cara untuk masuk ke isekai, tapi entah mengapa tertabrak truk adalah sesuatu yang sering dipakai oleh para penulis ini. Sampai-sampai ada banyak meme tentang Truck-kun yang biasanya membawa orang ke dunia lain. Jika tidak tertabrak truck, bisa juga si MC ditusuk atau bahkan tersambar petir secara tidak sengaja. Bisa juga karena kecelakaan atau gim eror sehingga mereka terjebak dunia virtual. Intinya, hal-hal seperti itu sebenarnya sangat tragis di dunia nyata. 

2. MC yang Selalu Kurang Peka

Kwikku, MC yang Selalu Kurang Peka
Sumber: narvii.com
Ada banyaaaak sekali, dan hampir semua MC di anime isekai adalah tipe orang yang tidak peka mendekati bodoh. Entah itu berhubungan dengan situasi menegangkan dan mengancam jiwa, sampai ketidakpekaan terhadap perasaan lawan jenis. Sedikit sekali MC yang cukup pintar untuk melalui hari-harinya di dunia isekai yang penuh ancaman. Bahkan Naofumi dari Shield Hero, awalnya juga naif-naif gimana gitu sampai bisa dijebak sama mbak Malty. Untungnya dia bisa berubah berkat pengalaman buruknya.

3. Pertarungan atau Kompetisi yang Nggak Ada Faedahnya

Kwikku, Pertarungan atau Kompetisi yang Nggak Ada Faedahnya
Sumber: furypixel.com
Ada banyak aksi seru ketika menonton anime isekai. Hanya saja, beberapa aksi, persaingan, dan kompetisi di dalamnya terkadang tidak cukup punya alasan kuat sehingga membuat mereka harus bertarung. Mengapa harus bertarung jika bisa diselesaikan bersama? Apa gunanya? Biasanya hal ini terjadi di antara MC dan rivalnya. Mereka memiliki tujuan yang sama, tapi karena rivalitas, akhirnya malah bersaing satu sama lain.

4. MC yang Plain dengan Sejuta Pesona

Kwikku, MC yang Plain dengan Sejuta Pesona
Sumber: ifunny.co
Beberapa MC seperti Momonga mungkin terlihat keren, karena wujudnya sangat unik, berbeda dari orang pada umumnya. Namun, selain Momonga, MC lain cenderung punya penampilan yang itu-itu saja. Bahkan ada banyak MC yang penampilannya seperti Kirito akhir-akhir ini, entah kenapa. Anehnya, meskipun ada banyak orang ganteng selain MC, tapi pesona mereka tidak terkalahkan. Hingga cewek-cewek yang baru kenal pun langsung terpesona dengan mata mengeluarkan binar cinta.

5. Dunia Fantasy yang Seperti Video Game

Kwikku, Dunia Fantasy yang Seperti Video Game
Sumber: theouterhaven.net
Di dunia lain, yang jelas-jelas itu dunia nyata, seseorang bisa melihat status mereka seperti bermain video game. Padahal, setting dunia tersebut ala-ala medieval, abad pertengahan yang bahkan komputer pun nggak ada. Okelah kita anggap itu sebagai sihir, tapi, mengapa bisa begitu?

Baiklah, kita sudah bercakap-cakap mengenai hal klise di anime isekai sepanjang dua artikel. Semoga cukup memuaskan. Jika kamu menemukan hal klise lainnya, jangan lupa untuk mengutarakannya di kolom komentar, ya.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar