I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

5 Hal Klise yang Sering Terjadi di Anime Isekai, Bagian 1

5 Hal Klise yang Sering Terjadi di Anime Isekai Bagian 1
Apa saja yang menurutmu klise di isekai?
Cocok buatmu
Anime isekai semakin merajalela. Hampir tiap musim selalu nongol dengan judul terbaru atau season kelanjutan dari seri sebelumnya. Anime jenis ini sendiri sebenarnya bukan genre utama, melainkan salah satu sub genre yang karena kepopulerannya akhirnya menjadi genre yang bisa berdiri sendiri.

Seperti namanya, isekai, alias dunia lain. Biasanya berkisah mengenai seseorang yang pergi ke dunia lain dengan berbagai cara, bisa karena kecelakaan, masuk portal, terlahir kembali, pemanggilan dan banyak sebab lainnya.

Di genre yang makin populer, dengan banyak creator yang mengangkat genre ini, tidak heran jika ada banyak kondisi klise yang menyebabkan beberapa fans mulai bosan. Tentu saja masih ada anime isekai yang menjanjikan, tetapi terkadang formulanya masih di situ-situ saja. Formula mainstream tersebut antara lain:


1. Pemeran Utama OP

Kwikku, Pemeran Utama OP
Sumber: twitter.com
Isekai tanpa MC yang overpower sepertinya cukup langka. Ada, tapi tidak banyak. Meskipun tidak langsung OP, ujung-ujungnya OP juga. Contoh saja Shin Wolford dari Kenja no Mago, dia bahkan tidak mengalami kesulitan sedikit pun dalam menggunakan magic sejak masih kecil. Bahkan tokoh dari anime isekai populer seperti Tensura, Tate no Yuusha, Overlord, SAO, semuanya berakhir dengan tokoh utama yang OP.

Apakah hal tersebut salah? Tidak. Eksekusi dan penggambaran karakter dari creator adalah yang terpenting. 

2. Tokoh dari Background Otaku, Neet, Hikikomori Dkk

Kwikku, Tokoh dari Background Otaku Neet Hikikomori Dkk
Sumber: monstersandcritics.com
Tidak tahu mengapa, para tokoh isekai ini kebanyakan berlatar belakang seseorang yang kalau tidak otaku, Neet, Hikikomori, atau setidaknya mereka tahu lah tentang dunia per-animean, gim, atau light novel. Paling tidak, mereka tahu hal-hal berbau fantasy yang bakal terjadi di dunia baru tersebut. Contoh paling parah adalah Sora dan Shiro dari anime No Game No Life, keduanya malah NEET parah. Kemudian Momonga, Rimuru, Kirito, apalah-apalah lainnya. Akhir-akhir bahkan populer cerita isekai seorang tokoh utama yang masuk ke dalam novel yang mereka baca. Formula ini agak baru untuk dunia anime, tapi sudah banyak populer di dunia pernovelan.

3. Protagonis adalah Magnet Cewek-Cewek

Kwikku, Protagonis adalah Magnet CewekCewek
Sumber: twitter.com
Tanpa harem, dunia per-isekai-an ini rasanya agak . . . kurang. Ya tahu kalau hal-hal seperti ini biasanya bagian dari fanservice, tapi entah mengapa di dunia yang keras, ada terlalu banyak cewek yang nyantol ke protagonist. Padahal kadang tokoh utamanya ya nggak ganteng-ganteng banget, tapi memang dia baik, suka menyelamatkan yang lemah, bahkan rela berdarah-darah demi menyelematkan gadis yang baru saja ditemui. Ya bisa di bilang, si tokoh utama biasanya suka ikut campur urusan orang.

Akhirnya, mulai dari loli satu, loli dua, loli tiga, onee-san, okaa-chan, hime-sama, dan lain-lain nyantol dan mengikuti si tokoh utama. Padahal dunia isekai biasanya keras, tapi ke mana perginya cowok-cowok perkasa lainnya?


4. Demi-human Tidak Ketinggalan

Kwikku, Demihuman Tidak Ketinggalan
Sumber: kym-cdn.com
Di dunia fantasy, selalu ada banyak ras yang menjadikan dunia tersebut berbeda dari dunia manusia biasa. Salah satunya adalah demi-human, entah sebutannya apa saja tapi biasanya mereka berbentuk manusia dengan telinga dan ekor binatang. Contoh lah yang paling populer, Raphtalia, demi-human paling dicintai musim kemarin dari anime Shield Hero.


5. MC Melampaui Kekuatan yang Ada

Kwikku, MC Melampaui Kekuatan yang Ada
Sumber: youtube.com
Melampaui kekuatan yang sudah ada sebelumnya, sepertinya hal tersebut cukup sering terjadi pada anime isekai dan anime fantasy lainnya. Biasanya hal ini terjadi ketika di masa-masa kritis. Contohlah Kirito yang bisa nge-hack sampai pembuat gim-nya sendiri kerepotan. Kalau bukan Kirito? Sepertinya tidak akan bisa, karena mereka bukan tokoh utama.

Nah, gimana menurut kamu? Apakah ada hal-hal klise lainnya di anime isekai yang perlu dibahas? Tunggu ulasan selanjutnya, ya.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar