J_astor Menulis artikel
@jastor

Cerita Inspirasi Dari Pasangan ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS)

Cerita Inspirasi Dari Pasangan ODHA Orang Dengan HIVAIDS
Antonio dan Ida adalah pasangan yang sama-sama positif AIDS. Siapa sangka mereka kini telah menikah dan mengarungi kehidupan rumah tangga bersama. Keduanya sama-sama berjuang melawan HIV.
Cocok buatmu

Pasangan ini sekilas tampak sama saja dengan pasangan mereka. Tapi siapa sangka? Mereka ini adalah pasangan ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS). Keduanya dinyatakan positif mengidap penyakit HIV. Pernah sama-sama berada diujung keputus-asaan hidup, akhirnya pertemuan mereka dan semangat hidup yang mereka punya membuatnya mau berbagi suka duka dalam sebuah ikatan rumah tangga.

1. Menikah di hari AIDS sedunia

Kwikku, Menikah di hari AIDS sedunia
Sumber: youtube.com

1 des 2017 hari AIDS sedunia, menjadi tanggal yang mereka pilih untuk melangsungkan pernikahan. Itu menjadi momen titik balik untuk berjuang saling support untuk bisa melakukan hal-hal positif dan bermanfaat ke orang lain. Memutuskan untuk menikah, pasangan ODHA pasti juga bukan pilihan yang gampang. Namun, dengan keterbukaan mereka yang sama-sama tahu kelemahan kesehatan pasangannya masing-masing. Justru rumah tangga jadi media mereka untuk saling menyemangati dalam menjalani hidup yang lebih baik.

2. Sama-sama melakukan sosialisasi soal HIV

Kwikku, Samasama melakukan sosialisasi soal HIV
Sumber: liputan6.com

"Kamu masih bisa bahagia meskipun positif” Kalimat demikian pernah dilontarkan oleh Antonio. Seorang yang bekerja sebagai manager dan pendamping teman-teman yang posifit HIV ini juga kerap menyuarakan pesan bahwa yang dijauhi itu virusnya, bukan orangnya. Dua orang ini sibuk menyebarkan informasi yang lengkap mengenai HIV, dan juga menularkan semangat bagi para penderitanya agar dapat punya semangat hidup tinggi.

Menularkan energi positif, bahwa ODHA masih punya hak untuk bahagia dan bisa melakukan berbagai kegiatan positif untuk sesama. Tentu saja untuk tidak takut menghadapi kehidupannya.

3. Sempat depresi bahkan ingin bunuh diri

Kwikku, Sempat depresi bahkan ingin bunuh diri
Sumber: youtube.com

Perihal stigma penderita HIV yang jelek di masyarakat, juga soal rendahnya pengetahuan masayrakat soal virus HIV menjadi faktor yang cukup membuat penderitanya ada dalam keadaan depresi. Belum lagi pikiran kekhawatiran hidupnya yang mungkin tidak akan lama lagi. Hal tersebut membuat Ida Farida sempat ingin bunuh diri. Dia berniat ingin terjun dari lantai 12, untungnya niat itu bisa diredam.

Anton, sang suami pun sebelumnya sempat putus asa dengan hidupnya, namun karena kepedulian orang tua dan dukungannya ia justru dibawa ke dokter untuk berkonsultasi dan menjalani pengobatan. Semangat Ida Farida dan Antonio untuk bisa sembuh dan tidak memperparah kesehatannya inilah yang justru membuatnya dekat dengan satu sama lain.

4. Melakukan program untuk memiliki keturunan yang negatif

Kwikku, Melakukan program untuk memiliki keturunan yang negatif
Sumber: youtube.com

Saat ini keduanya mengaku sedang menjalani program hamil. Mereka pun sering berkonsultasi dengan dokter agar bisa memiliki buah hati yang negatif dari virus HIV/AIDS. Bukan hal yang mustahil untuk orang dengan HIV/AIDS Bisa memiliki keturunan yang sehat.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar