J_astor Menulis artikel
@jastor

Kumpulan Puisi Legendaris Maestro Indonesia

Kumpulan Puisi Legendaris Maestro Indonesia
Puisi menjadi salah satu bentuk karya sastra yang cukup abadi untuk dikenang. Banyak sastrawan Indonesia yang berhasil membuatnya dan melejit bahkan dikenang sampai saat ini. Kumpulan bait, rima dan kata-kata yang disusun apik dan dalam akan makna membuatnya jauh bermakna walaupun singkat.
Cocok buatmu

Sastra sepertinya menjadi amat berarti bagi beberapa orang. Selain nilai keindahannya, sastra juga memberi hiburan yang sarat akan makna. Di Indonesia sendiri ada begitu banyak sastrawan yang bahkan sampai sekarang yang dikenang sampai sekarang. Salah satu bentuk sastra yang masih banyak dikenang selain buku adalah puisi. Ini dia beberapa sastrawan legendaris Indonesia dan karyanya yang masih sering dipakai dan ditemui di berbagai literasi :

1. WS Rendra - Kesadaran adalah matahari

Kwikku, WS Rendra  Kesadaran adalah matahari
Sumber: romadecade.org

Willibrordus Susendra Broto Rendra atau WS Rendra masuk dalam jajaran sastrawan legend Indonesia. Banyak karya-tulisnya, yang menggema hingga kini,  Kesadaran adalah matahari, Sajak Sebatang Lisong, Kangen dan Do'a Orang Lapar adalah beberapa karya terkenalnya. Sastrawan ini merupakan orang vokal yang menyuarakan kritik sosial tentang negeri lewat puisi. Kamu salah satu pengagumnya? 

2. Sapardi Djoko Damono

Sumber: youtube.com

Puisi bertema cinta yang satu ini adalah karya Sapardi Joko Darmono. Puisi ini banyak dikutip pada masanya oleh para pria saat menyatakan perasaannya kepada wanita yang dicintainya. Berjudul aku ingin, puisis ini sepetinya meluas hingga ke penjuru negeri. Bahkan pusisi ini banyak dibuat musikaklisasinya oleh beberapa musisi. Satu diantaranya ada di video di atas. 

3. Pramoedya Ananta Toer -Huruf

Puisi ini ditulis pram di bukunya anak semua bangsa. Sajaknya menceritakan soal dunianya, dunia sastra. Bagaimana ia telah begitu dekat dengan huruf, bagaimana huruf membawa jalan hidupnya yang begitu berwarna dan tidak bterduga dan bagaimana peranan huruf dalam pengharapan hidup setelah matinya. Coba dengarkan puisi karya penulis yang menjadi sosok terciptanya karya buku berjudul ‘Bumi Manusia'.

4. Chairil Anwar - Aku

Sumber: youtube.com

Puisi dengan judul ‘aku' ini dibuat di tahun 1943 oleh sastrawan legendaris tanah air Chairil Anwar. Tapi hingga kini, puisi ini masih saja banyak digunakan dan dikenang. Beberapa modul pembelajaran sekolah kerap menyisipkan karyanya. Sajak yang menggambarkan individualis, beberapa penikmat seni menilai bahwa makna tersirat di puisi tersebut adalah sikap Chairil Anwar yang tak mau dikendalikan lingkungan dan keadaan. Bagaimana menurut kamu ?

5. Wiji Thukul - Beristirahatlah kata-kata

Sumber: youtube.com

Tahu siapa dia? Salah satu sastrawan yang hilang entah kemana sampai kini tidak pernah ditemukan. Hanya karya-karyanya yang masih abadi di daratan. Satu dari beberapa yang dapat diselamatkan adalah berjudul ‘istirahatlah katakata'. Sebuah puisi jiwa yang ditulisnya ini sangat amat punya makna yang dalam. Dimana kebebasan berbicara di jamannya mengalami penungkungan. Berbisaca adalah hal hal yang salah dan kebebasannya terancam.

Itu dia beberapa puisi legend dari sastrawan yang juga jadi Legend di tanah Indonesia.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar