J_astor Menulis artikel
@jastor

Bahaya yang Mengintai Dibalik Penggunaan Vape 'Rokok Elektrik'

Bahaya yang Mengintai Dibalik Penggunaan Vape Rokok Elektrik
Rorok elektrik atau vape ini tengah naik daun di kalangan para pemuda yang doyan merokok. Tapi tahukan kalian apa bahayanya? Yuk simak ulasan dan rangkuman berikut ini!
Cocok buatmu

Vape atau rokok elektrik merupakan inovasi rokok yang di desain khusus tanpa adanya pembakaran dari tembakau. Alat elektronik ini terdiri dari beberapa komponen yang di tambah dengan bahan bakar tertentu sehingga menghasilkan asap yang kemudian dihirup untuk menggantikan bakaran asap tembakau pada rokok tradisional/sigaret. Isu yang beredar, rokok elektrik ini bisa jadi alternatif dari rokok biasa yang dinilai berbahaya bagi tubuh. Namun, sama seperti rokok biasa, vape juga membawa dampak buruk bagi penggunanya. 

1. Menyebabkan ketergantungan

Kwikku, Menyebabkan ketergantungan
Sumber: thestar.com

Siapa bilang rokok elektrik tidak mengandung nikotin? Sama-sama mengandung nikotin, rokok elektrik justru memiliki zat nikotin yang mudah diserap tubuh. Nikotin ini akan menstimulasi otak untuk menghasilkan dopamin di tubuh. Selanjutnya otak akan mengirim sinyal untuk mencoba-lagi dan lagi sehingga ketergantungan.

2. Meningkatkan resiko kanker dan masalah pernafasan

Kwikku, Meningkatkan resiko kanker dan masalah pernafasan
Sumber: shb-info.org

Vape juga mengandung banyak logam-logam berbahaya, yang jumlahnya lebih besar dari rokok biasa. Diantaranya asdalah timah, nikel, perak, besi yang berbahaya bagi sistem pernafasan tubuh. Tak hanya itu, kandungan fomalhedide dalam vape juga berpengaruh terhadap resiko terjadinya kanker. Sebab zat kimia yang banyak digunakan dalam pengawetan jenazah ini akan mudah menyerap ke paru.

3. Bisa meledak

Kwikku, Bisa meledak
Sumber: hipwee.com

Ada sebuah kasus yang pernah terjadi terkait vape ini. Rokok elektrik ini bisa meledak jika terlalu panas. Hal tersebut pernah dialami oleh seorang pria bernama Kenneth Barbero. Ia bahkan mengalami copot gigi, luka melepuh ditangan dan luka robek di mulutnya. Hal ini akibat dari baterai ion lithin pada vape yang tidak stabil tekanannya. Jadi, hati-hati ya guys. Ini lebih bahaya.

4. Menurunkan kekebalan tubuh

Kwikku, Menurunkan kekebalan tubuh
Sumber: thearstechica.com

Zat-zat asing yang dimasukkan paksa oleh seseorang ke dalam tubuhnya sudah pasti membawa dampak buruk. Pun demikian dengan vape. Kandungan berbagai logam, aerosol, fomaldehide dan bahan berbahaya lainnya ke dalam tubuh mampu membuat tubuh kehilangan keseimbangan tubuhnya dengan penurunan kekebalan tubuh.

5. Merusak gigi, gusi dan mulut

Kwikku, Merusak gigi gusi dan mulut
Sumber: freepic.com

Aerosol pada vape yang masuk ke mulut menjadikan gigi kehilangan zat alaminya, email giginya akan rusak, ini makin membuatnya rapuh sehingga mudah berlubang atau keropos. Tak hanya itu, gusi juga rawan mengalami peradangan, bahkan sampai iritasi mulut dan kerongkongan.

6. Menurunkan kekebalan tubuh

Kwikku, Menurunkan kekebalan tubuh
Sumber: nypost.com

Banyak kandungan vape yang dapat merusak sistem di tubuh. bahkan ada penelitian yang mengungkap bahwa mereka yang menggunakan vape mengalami penurunan imun tubuh, sel di tubuh bisa rusak. Hal ini karena efek imunosupresif yang timbul dari cairan vape. Jika demikian, tubuh akan lebih sulit menangkal penyakit yang mungkin akan menyerang.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar