J_astor Menulis artikel
@jastor

Kenali Motif-motif Batik Etnis Yuk!

Kenali Motif-motif Batik Etnis Yuk
Motif pada kain batik memang beragam. Motif ini sebenarnya merupakan sebuah simbol yang dituangkan para perajin di media kain yang hasil akhirnya di sebut batik. setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing mau tau?
Cocok buatmu

Tanggal 2 Oktober telah resmi ditetapkan sebagai hari batik nasional. Kain legendaris khas Indonesia ini memang unik. Tak hanya cantik dan etnis, kain ini sarat akan makna dari zaman dahulu. Bahkan sekarang, kain yang dibuat dengan bantuan malam ini digunakan dalam berbagai instansi sebagai seragam identitas mereka. Untuk memperingati hari batik nasional ini, mari kenali lebih jauh beberapa motif batik di Indonesia.

1. MEGA MENDUNG

Kwikku, MEGA MENDUNG
Sumber: batik-tulis.com

Motif mega mendung khas dari Cirebon Jawa Barat. seperti namanya, "Mega" motif batik ini berbentuk seperti gumpalan awan. Meskipun tampak sederhana, namun motif ini punya daya tarik tersendiri. Batik ini awalnya dibuat oleh kelompok tarekat di daerah pesisir Jawa tersebut. Mulanya, motif mega mendung hanya dibuat dengan warna biru dan merah. Kedua warna tersebut menggambarkan sisi maskulinitas karena yang membuatnya kebanyakan adalah kaum laki-laki.


2. JLAMPRANG

Kwikku, JLAMPRANG
Sumber: cintapekalongan.com

Kota yang terletak di pesisir pantai utara Jawa ini bahkan disebut sebagai kota batik saking banyaknya sentra usaha batik di sana. tak heran dong, kalau kota ini juga memiliki motif khasnya? ya, salah satunya adalah motif jlamprang. Motif batik yang satu ini memiliki ciri khas berbentuk geometris seperti lingkaran seberhana dengan beberapa gambar kecil ditengahnya. Motif ini banyak dipengaruhi oleh kain dari India yang dulu juga masuk dan dibawa oleh para saudagar India.

3. KAWUNG

Kwikku, KAWUNG
Sumber: grahabatik.com

Batik yang satu ini juga memiliki bentuk yang juga sederhana. susunan lingkaran uval putih ini nampak seperti bentuk bulatan-bulatan kecil jika dilihat dari jauh. Konon, motif yang berbentuk seperti susunan biji kolang kaling ini melambangkan kebersihan hati, dari warnanya yang putih. Ada pula yang menggambarkannya sebagai sebuah persatuan. ini dilambangkan dengan 4 oval yang disusun menjadi sebuah lingkaran kesatuan.

4. Motif Parang

Kwikku, Motif Parang
Sumber: tjokrosuharto.com

Motif batik yang satu ini biasanya berwarna cokelat dan putih. Disebut motif parang konon karena batik ini kerap dipakaia oleh para prajurit keraton saat berperang. Terlihat seperti susunan S yang membentuk garis diagonal ini melambangkan banyak hal. Seperti lambang ombak di lautan yang tak pernah surut, ini dimaksudkan semangat para prajurit yang tidak pernah padam.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar