J_astor Menulis artikel
@jastor

Berburu Minuman Tradisional Khas, Rekomendasi Pecinta Kuliner

Berburu Minuman Tradisional Khas Rekomendasi Pecinta Kuliner
Tak hanya makanan saja yang mempunyai daya pikat untuk dijelajahi kalian para pecinta kuliner. Ada beberapa minuman khas taradisional dari berbagai suku yang tampaknya patut kalian coba. Mau tahu minuman apa saja itu?
Cocok buatmu

Mana suaranya para pecinta kuliner? sebagai seseorang yang doyan makan, pasti kalian akan sangat bahagia bukan ketika mengicipi menu baru yang khas di suatu daerah? sepertinya tidak hanya melirik makanan-makanan saja, beberapa minuman khas dari berbagai daerah juga harus kalian coba.

Beberapa diantara minuman khas tradisional yang hanya ada di Indonesia ini patut kalian coba!

1. Wedang uwuh

Kwikku, Wedang uwuh
Sumber: kagamatp.com

Wedang uwuh merupakan minuman herbal yang kaya akan manfaat. Minuman ini terdiri dari banyak rempah-rempah. Soal cita rasa, Anda tak perlu khawatir, rasanya nikmat dan khas pedas manis. Paling cocok diminum di malam hari. Yang suka wisata kuliner malam hari, Wedang uwuh ini patut di coba. Banyak ditemukan di Jogja dan Solo, serta beberapa wilayah Jawa.

2. Kopi areng

Kwikku, Kopi areng
Sumber: tripjorja.com

Yang suka kopi mana suaranya? Kopi ini tak seperti kopi kebanyakan yang hanya diseduh dengan air hangat atau dicampur krimer dan yang lainnya. Kopi ini sesuai namanya, diberiĀ arang yang masih membara. Bagaimana sensasinya? Catet di list ya, besok dicoba pas ke Jogja hehe.

3. Dawet ireng

Kwikku, Dawet ireng
Sumber: gamha-net.com

Berasal dari banjar negara. Minuman menyegarkan asal Purworejo ini memang sangat cocok dinikmati saat cuaca terik-teriknya. Terbuat dari santan yang dipadukan dawet yang terbuat dari tepung beras. Bedanya dengan dawet hijau adalah warna hitamnya yang didapat dari pembakaran merang padi. Minuman ini diimbuhi dengan es dan gula merah. Sudah pernah mencobanya?

4. Bajigur

Kwikku, Bajigur
Sumber: jualmakanan.com

Minuman yg satu ini biasanya dijajakan di malam hari. Terbuat dari santan yang direbus bersama beberapa rempah seperti pandan dan jahe serta beberapa yang lainnya. Rasanya gurih manis. Cocok saat tubuh dalam keadaan lelah dan kedinginan di malam hari.

5. Wedang ronde

Kwikku, Wedang ronde
Sumber: merahputih.com

Wedang ronde kerap disajikan dalam keadaan hangat. Terbuat dari beberapa ronde atau bola-bola yang disiram dengan kuah santan yang tidak terlalu kental. Rasanya jangan diragukan lagi. Tak hanya bisa menghilangkan dahaga, minuman yang satu ini membantu menghangatkan badan dan memberi rasa kenyang

6. Jamu

Kwikku, Jamu
Sumber: sains.kompas.com

Minuman tradisional yang satu ini terkenal dengan rasa pahitnya yang khas. Jamu sangat terkenal di tanah Jawa. Minuman ini bukan minuman sembarangan. Biasanya terbuat dari bahan-bahan alam yang diolah khusus sebagai obat atau penambah stamina tubuh. Macamnya sendiri ada banyak, diantaranya adalah jamu kunir asam, jamu wejah, jamu paitan, jamu beras kencur, dan jenis jamu-jamu lainnya.

Di jawa sendiri jamu dijajakan paling umum dengan di gendong. Ada pula yang mengenakan gerobag, ada pula yang mengenakan sepeda. Pelanggan yang telah meminum jamunya akan diberi minuman penutup berupa manisan. Manisan ini biasanya berupa wedang jahe yang manis. Minuman penutup ini digunakan untuk membantu menghilangkan rasa pahit yang mungkin tertinggal.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar