Sedang Live
Pia Devina
J_astor Menulis artikel
@jastor

Yang Perlu Diapresiasi dalam Aksi Demo #TOLAKRUU2019

Yang Perlu Diapresiasi dalam Aksi Demo TOLAKRUU2019
Bukan lagi membahas soal mengapa rusuh, apa alasannya dan siapa benar-siapa salah. Ini dia beberapa hal yang patut diapresiasi dalam kegiatan aksi turun ke jalan dan gedung DPR untuk menyampaikan aspirasi.
Cocok buatmu

Di tengah huru-hara kegiatan mahasiswa yang berdemontrasi menolak RUUKPK dan RUUKUHP, ada banyak cerita menarik yang perlu menjadi perhatian. Sebuah kisah-kisah dibalik ramainya aksi ini di kalangan para mahasiswa yang menyuarakan aspirasinya. Bukan lagi soal kerusuhan atau sikap tindakan represif lain, namun aksi heroik yang pantas diapresiasi. 

1. Beri jalan untuk petugas medis

Sumber: youtube.com

Membantu kawan-kawannya yang terluka dan tidak fit. Gerombolan massa yang terdiri dari mahasiswa dengan almamater mereka, kerumunan itu bisa terbelah dengan begitu rapinya saat petugas kesehatan datang. Mereka benar-benar otomatis menepi hanya dengan sekali komando. Solidaritas mereka benar-benar nampak dari aksi yang satu ini. uh, saluuutt.

2. Membereskan taman usai demo

Sumber: youtube.com

Mahasiswa dari jawa tengah ini sedang asik membenahi taman yang menjadi berantakan akibat demo sehari sebelumnya. ia dan temannya menepati janji kepada gubernur yang menghimbau untuk memperbaiki taman setelah kemarin berdemo di depan gedung DPRD Jateng.

Sebelumnya,di tengah-tengah demonstrasi mereka hadir gubernur petahana yang kembali terpilih memimpin jateng, bapak Ganjar pranowo. Pria bertubuh kurus yang terkenal akan keramahan dan jiwa pengayomnya memberikan pesan kepada para massa yang hadir.Memberi semangat dan apresiasi atas aksi mereka. Beliau juga menghimbau mahasiswa untuk bertanggung jawab terhadap taman yang rusak akibat aksi demo mereka. dan para mahasiswa ini mengiyakan dan memenuhi janjinya.

3. Melindungi demonstran perempuan

Kwikku, Melindungi demonstran perempuan
Sumber: jawapos.com

Dengan saling bergandengan tangan mahasiswa laki-laki memagari mahasiswi yang ikut berpartisipasi dalam demo. Mereka berjalan dengan menyamping dan memunggungi perempuan di belakang mereka. Sebuah bentuk perlindungan yang dibentuk untuk menghalangi hal-hal yang tak diinginkan sama sekali oleh mereka. 

4. Tidak ditumpangi siapapun

Sumber: youtube.com

Mahasiswa mengaku geram ketika dituduh aksi mereka tersebut ditumpangi oleh pihak-pihak berkepentingan. Mereka melakukan aksi ini real bedasarkan moralitas dan tindakan intelektualitas mereka sebagai pihak yang paling dekat dengan rakyat. Kemudian untuk menjawab tuduhan ini, salah satu anggota BEM yang aktif sebagai jubir aksi demo nasional beberapa waktu lalu ini "benar aksi kami ditunggangi oleh kepentingan rakyat Indonesia".

0
0 none
Komentar