Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Bagian 1: Nggak Selamanya Musik K-Pop Diatur Oleh Agensi, Grup Berikut Buktikan Kreativitasnya!

Bagian 1 Nggak Selamanya Musik K-Pop Diatur Oleh Agensi Grup Berikut Buktikan Kreativitasnya
Kreatif! Deretan idol K-Pop produuksi musiknya sendiri
Cocok buatmu

Agensi K-Pop sering kali mengambil kontrol penuh. Nggak hanya mengatur hingga ke urusan pribadi, mereka juga berperan lebih dominan pada produksi musik sampai selera, lho. Walaupun cara demikian dampaknya mendulang kesuksesan dari idol itu sendiri, namun tetap saja kreativitas dibatasi, bukan?

Anyway, sekarang sudah ada peningkatan kok. Beberapa idola bahkan sudah mengambil alih proses kreatif dan membuat hits sesuai selera dan ide sendiri. Nggak kalah keren, justru proses kreatif itu membuahkan kesuksesan juga. 

1. PENTAGON

Sudah bukan rahasia lagi bila PENTAGON punya Hui, leader sekaligus penulis lagu terjenius. Dia juga orang di balik lagu-lagu keren Shinwa dan Wanna One.

Untuk grupnya sendiri, Hui dan E'Dawn bekerja sama memproduksi beberapa hits, seperti Shine. Pada proyek Round 2, semua anggota saling bekerja sama memproduksi lagu-lagu keren. 

2. WINNER

Pada pembuatan lirik lagu, hampir seluruh anggota WINNER turut andil. Mereka juga bekerja sama dalam proses produksi. Kang Seung Yoon, Song Mino dan Lee Seung Hoon adalah orang-orang yang punya peran cukup besar di balik hits dari boy group ini. 

3. EXID

Nggak dpiungkiri lagi bila EXID adalah girl group yang terjun langsung dalam proses produksi. LE, adalah salah satu anggota pernah bekerja sama dengan Shinsadong saat menggarap proyek Up & Down dan Me & You

4. GOT7

GOT7 mengalami tanjakan popularitas sejak tahun 2016. Terdiri dari 7 anggota, masing-masing punya tanggung jawab dalam setiap proses produksi. Pada 2017, You Are melejit dan lagu ini disusun oleh JB. 

5. DAY6

DAY6 juga aktif dalam proses kreatif. Para member adalah instrumentalis dan vokalis hebat. Young K, Jae, Sungjin dan Wonpil berada dibalik Time of Our Life. Menariknya, single debut mereka ditulis oleh seluruh member, lho.

Belum cukup sampai mereka saja. Nyatanya, masih banyak grup yang mengerjakan proses kreatifnya sendiri. Lanjut ke bagian dua!


0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar