Begadang? Oh No!!! Jangan lagi, Ini loh Efek Buruknya

Begadang  Oh No    Jangan lagi  Ini loh Efek Buruknya - J astor tidur,jadi,kebutuhan,manusia,yang,nggak,boleh,dilanggar,kalau,sering,kurang-kurang,tidurnya,dampak,negatif,yang,mengintai,guys
Tidur jadi kebutuhan manusia yang nggak boleh dilanggar. Kalau sering kurang-kurang tidurnya ada dampak negatif yang mengintai loh guys.

Tidur menjadi sebuah kebutuhan pokok makhluk hidup, apalagi manusia. Sebagai seorang yang banyak aktivitas dan menghabiskan banyak tenaga selama seharian penuh beraktivitas, tidur seperti menjadi obat alami bagi tubuh yang kelelahan. Saking pentingnya tidur. Bahkan dalam sehari semalam ada anjuran dokter yang menyatakan bahwa paling tidak manusia harus menyempatkan tidur sampai 6 jam, walau jumlah idealnya adalah 8 jam.

Apa saja sih dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan tubuh? Yuk simak ulasan berikut ini :

1. Daya tahan tubuh dan produktivitas menurun
Daya tahan tubuh dan produktivitas menurun
octdigest.com

Tidur teratur dengan waktu yang cukup dapat menjaga kestabilan hormon. Karena saat istirahat ada recovery sistem yang dilakukan tubuh. Sehingga motabolisme tubuh bisa berjalan dengan baik. Berbeda dengan yang kurang tidur, tubuh akan lemas dan sistem tubuh tak berjalan semestinya, efek sampingnya jika dilakukan terus menerus adalah tubuh akan gelisah, mudah marah dan daya tahan tubuh juga menurun.

Semua itu juga berdampak buruk pada produktifitas kalian. Alih-alih pekerjaan akan rampung dalam semalam, malah tubuh merasa tidak bersahabat dan jadwal kerja keesokan harinya yang justru memburuk. Karena saat istirahat tidak tercukupi konsentrasi hilang dan tubuh lemas. Produktivitas kerja ikutan menurun deh.

2. Penuaan dini
Penuaan dini
brilio.net

Ketika manusia tidur, ia akan melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh. Nah fungsi ini dlakukan oleh organ hati. Ketika jadwal tidur berantakan, maka hati tidak dapat mendetoks tubuh secara maksimal akibatnya justru hormon kortisol yang banyak diproduksi dan regenerasi sel jadi tidak maksimal. Hormon kortisol ini adalah hormon yang muncul akibat kondisi tubuh stress, yang berdampak tak baik bagi tubuh. Seperti terasa lelah, pucat, munculnya kantung mata yang menghitam, dan efek lain yang merusak pada penampilan fisik kalian.


3. Membuat berat badan tidak stabil
 Membuat berat badan tidak stabil
intisari.grid.id


Ketika orang tidur cukup, maka metabolisme tubuh pun dapat berjalan semestinya karena hormon yang diproduksi tubuh pun seimbang. Berbeda dengan mereka yang sering tidur terlalu malam atau bakhan yang kurang istirahat, mereka akan mudah merasa lapar. Ketika bangun, karena kekurangan enargi, akibatnya mereka akan sering mengkonsumsi makanan. Nah jika rasa laparnya tak terkendali dan menu makannya nggak diatur, mereka cenderung mudah naik berat badannya.

Atau bahkan bisa mengalami penurunan berat badan drastis. Ketika seseorang tidur larut malam, maka kemungkinan besar ia akan bangun siang. Saat bangun terlalu siang, maka otomatis jam sarapan kamu juga akan tergangggu. Kemungkinan untuk terkena maagh dan masalah pencernaan lainnya pun akan bertambah besar.

4. Sulit konsentrasi
Sulit konsentrasi
riau1.com

Jika seseorang kurang tidur, maka daya konsentrasinya dapat menurun drastis. Hal ini karena faktor penentu yang membuat otak untuk mengingat justru terjadi saat kalian terlelap dalam tidur. Tak heran jika mereka yang sering begadang cenderung menjadi sosok yang pelupa. Kalau kata Rhoma irama sih ‘begagang janga begadang...!” hehe

Ternyata sehat dimulai dari hal terkecil yuk benahi lagi jadwal tidur kalian. 

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
2 bulan 2 minggu lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
Shireen, Si Bayi Manis Putri Farhad yang Mempeson
Menakjubkan ! 5 Desa di Jepang Ini Bikin Ngilerrr Buat Liburan
Bikin Masker dari Buah-buah Lezat Ini Yuk!
Yang Perlu Diapresiasi dalam Aksi Demo #TOLAKRUU2019
Potret Menawan Kenampakan Bumi dari Angkasa
Amalan Seorang Istri Agar Wajahnya Semakin Bercahaya Ketika Tidur
Akibat Menyerahkan Tempat Duduk Di Kendaraan Umum, Keluarga Ini Hampir Bercerai. Begini Ternyata Kisah Lengkapnya
Deretan Aktris yang Nikah Muda, Kini Jadi Mama-mama Kece
Mendaki Gunung untuk Pemula? Persiapan Ini Jangan Lupa!
Potret Menawan Model Dunia Gigi Hadid yang Melumerkan Hati
Tak Pernah Absen, Tiap Tahun Lomba Agustusan Ini Pasti Ada
Karyawan Minimarket Ini Mendadak Jadi Selebgram, lho! Kok Bisa ya?