J_astor Menulis artikel
@jastor

Moda Transportasi Klasik yang Harus Selalu Dikenang

Moda Transportasi Klasik yang Harus Selalu Dikenang
Perlu dikenang, perlu oerhatian, dan jangan dilupakan! semua moda transportasi ini bagian dari proses evolusi kemajuan zaman.
Cocok buatmu

Transportasi umum apa sih yang paling kalian gemari? Bus trans, kereta api, ojek, atau jangan-jangan jarang menggunakannya? Setiap orang punya pilihan untuk menentukan dengan menggunakan transportasi apa untuk sampai tujuan. Bahkan berjalanpun bisa jadi pilihan. Terbanyang nggak sih, kalian transportasi ternyata mengalami evolusi untuk bisa sampai secanggih ini?

Kehadiran ojek online, taksi online, MRT, atau pun yang lainnya tetap merupakan hasil dari perkembangan penemuan transportasi di masa sebelumnya. Beberapa diantara transportasi yang pernah juga hits dan menjadi andalan manusia untuk melakukan sebuah perjalanan, yang keberadaannya makin menipis atau bahkan tidak digunakan sama sekali :

1. OPLET

Kwikku, OPLET
Sumber: cumicumi.com

Sejenis angkot yang pernah juga begitu menjamur di kota Jakarta. Namun, mobil ini tak seperti angkot atau bus, pintu penumpangnya berada di belakang, seperti mobil pick up, tapi beratap dan ada tempat duduk. Keberadaannya sempat tergeser oleh angkot, kopaja, bus trans, dan kini taksi online. Semua punya masanya ya ternyata.

2. DELMAN

Kwikku, DELMAN
Sumber: youtube.com

Untungnya transportasi yang satu ini masih ada sampai kini, meskipun jumlahnya tak sebanyak ojek online yang bertebaran dimana-mana. Dari jaman kerajaan, moda transport ini sudah ada. Dengan menggunakan tenaga hewan bernama kuda, kamu bisa berpindah tempat ke sebuah tujuan tanpa merasakan sesak nafas akibat polusi udara dari asap knalpot. 

3. KERETA UAP

Kwikku, KERETA UAP
Sumber: Jss.co.id

Merupakan sebuah kereta yang menggunakan bahan bakar kayu ataupun batu bara. Tenaga uaplah yang membuatnya bisa berjalan. Semakin maju, kereta semakin mengalami perkembangan, hingga muncullah kereta listrik MRT. 

4. BAJAJ

Kwikku, BAJAJ
Sumber: Indiamart.com

Sebuah angkutan umum yang berbodi kecil, dengan suara khas ini memang makin sedikit jumlahnya, bahkan di kota-kota kecil angkot ini tak nampak sama sekali. Hanya ada di beberapa sudut kota di Jakarta. Transportasi dengan tumpuan 3 roda kecil, dan dudukan khas yang hanya bisa dinaiki 2-3 orang ini seperti punya cerita sendiri di ibu kota.

Dari keempatnya, moda transportasi klasik diatas, mana nih favorit kalian?

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar (1)