J_astor Menulis artikel
@jastor

Kopi Hitam, Minuman Legendaris Kaya Manfaat

Kopi Hitam Minuman Legendaris Kaya Manfaat
Siapa suka kopi hitam? ketahui manfaatnya yuk! karena minuman dengan cita rasa khas ini bagus untuk tubuh kalian.
Cocok buatmu

Sebagai minuman lintas zaman, kopi merupakan minuman yang memiliki banyak penggrmar. Karena rasa unik dan aroma khasnya, ia bahkan selalu mendapat tempat dimanapun. Seolah menjadi sajian yang wajib ada bagi sebagian orang, minuman yang terbuat dari biji yang disangrai ini memiliki sejuta manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Kabar gembira bagai kalian pecinta kopi, ini nih manfaat ajaib dari kopi :

1. Membantu memperbaiki mood

Kwikku, Membantu memperbaiki mood
Sumber: arwini.com

Dengan meningkatkan fungsi otak, mood kalian akan kembali baik setelah mengkonsumsinya. Kandungan kafein dalam kopi mampu menenghambat hormon adenosin, sehingga dopamin dan juga norepinefrin dapat mengalami peningkatan dalam tubuh. Dopamin sendiri dapat membuat mood kamu menjadi naik, namun kandungannya di kopi tidak menimbulkan halusinasi, jadi aman dong. Sedangkan senyawa kimia norepinefrin dapat meningkatkan denyut jantung yang akan membantu kalian menghilangkan kantuk.

2. Meredakan sakit kepala

Kwikku, Meredakan sakit kepala
Sumber: detik.com

Siapa nih yang lagi pusing? Coba deh minum kopi hitam panas. Biasanya sakit kepala diakibatkan adanya peradangan atau pembengkakan pembuluh darah area kepala. Nah kopi ini nantinya akan membantu pelebaran pembuluh darah sehingga aliran darah tidak lagi terhambat dan pusing kalian akan mereda.

3. Relaksasi saraf dengan mencium aromanya

Kwikku, Relaksasi saraf dengan mencium aromanya
Sumber: jawapos.com

Yang suka mencium aroma kopi sebelum meminumnya siapa hayo? Aktivitas semacam itu bagus loh buat saraf kalian, Seoul National University membuktikannya dengan penelitian yang dilakukan terhadap tikus stress dan kurang tidur. Tikus yang terpapar aroma kopi mengalami perubahan positif pada protein otaknya. Simpel tapi sehat kan?

4. Mampu membantu menstrimulasi saraf pusat

Kwikku, Mampu membantu menstrimulasi saraf pusat
Sumber: masbidin.com

Seperti namanya, kopi memgandung senyawa kimia aktif (zat psikoaktif) yang dapat menstimulasi saraf pusat. Kopi ini juga bagus untuk membantu kerja otak sehingga dapat menjaga kemampuan kognitif otak kamu. 

5. Mencegah resiko penyakit tua Alzeimer

Kwikku, Mencegah resiko penyakit tua Alzeimer
Sumber: dissolve.com

Tahukan kamu, National Food & Nutrition telah membuktikannya dengan melakukan penelitian, hasilnya menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi kopi memeiliki resiko 65% lebih rendah terhadap penyakit alzeimer dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya. Alzeimer sendiri adalah penyakit tua yang menyerang saraf penderitanya, penurunan fungsi saraf ini bahkan sampai dapat membuat penderitanya kehilangan memori masa lalu.

6. Kecantikan

Kwikku, Kecantikan
Sumber: sajadah.co

Pasti sering mendengar kopi bisa digunakan untuk merawat kulit bukan? Sebagai scrub alami, kopi dapat digunakan sebagai masker, ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mengurangi kekusaman dan mengangkat komedo.

7. Antioksidan tinggi

Kwikku, Antioksidan tinggi
Sumber: alodokter.com

Tahu nggak, anti oksidan kopi ternyata lebih tinggi jika dibandingkan dengan teh hijau dan teh coklat. Ada penelitian yang menyatakan bahwa terdapat 1000 antioksidan dalam kopi mentah yang belum diolah.

Kopi ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Minuman dengan kandungan kafein ini bersifat diuretik yang dapat menimbulkan rasa ingin buang air kecil mendesak setelah 2-3 jam dikonsumsi. Agar tidak terlalu menekan kerja ginjal, disarankan kalian pecinta kopi untuk tetap menjaga kadar air di tubuh dengan konsumsi air putih yang cukup.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar