J_astor Menulis artikel
@jastor

Pakaian Tradisional Ini Unik, Kalian Wajib Tahu

Pakaian Tradisional Ini Unik Kalian Wajib Tahu
Baju adat tradisional berikut ini berasal dari berbagai belahan dunia. Memiliki bentuk yang serba unik, dan artistik, mau mencobanya?
Cocok buatmu

Setiap daerah memiliki kebudayaan tertentu. Begitupun halnya dengan pakaian, sebagai benda yang digunakan untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari, suhu dingin, pakaian juga menjadi lambang yang memiliki arti tertentu bagi pemakainya. Baju adat biasanya digunakan pada acara-acara tertentu seperti upacara adat dan pesta pernikahan. Lahir dari berbagai latar belakang adat dan budaya, inilah beberapa pakaian adat dunia yang perlu kamu tahu :

1. Sari (India)

Kwikku, Sari India
Sumber: odishasuntimes.com

Bagi kalian yang suka nonton film India, pakaian yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Pakaian ini hanya dkenakan oleh para wanita di India. Terbuat dari berbagai bahan, kain tunggal ini memiliki panjang sampai 9 meter. Penggunaannya hanya dengan cara melilitkannya pada tubuh.

2. Saukele (Kzakstan)

Kwikku, Saukele Kzakstan
Sumber: pinterest.com

Pakaian tradisional berbentuk topi kerucut ini sangat unik. Bentuknya seperti topi ulang tahun, pakaian ini digunakan oleh mempelai wanita di acara pernikahannya

3. Deel (Mongolia)

Kwikku, Deel Mongolia
Sumber: twitter.com

Baju adat yang satu ini berbentuk seperti gamis guys. Mereka yang mengenakannya biasanya juga mengenakan pakaian seperti kemeja, celana atau rok sebelum mengenakan deel ini.

4. Gora (Kosovo, Masedonia)

Kwikku, Gora Kosovo Masedonia
Sumber: intisari.grid.id

Pengantin wanita asal Kosovo akan mengenakan pakaian khas ini. Mereka akan dirias sedemikian rupa saat mengenakan pakaian Gora. Bagaimana menurut kalian, Unik bukan?

5. Valle sagrado (Peru)

Kwikku, Valle sagrado Peru
Sumber: bogor.tribunnews.com

Yang ini juga tak kalah unik, pakaian adat asal Peru ini terdiri dari berbagai warna yang membuatnya tampil meriah.

6. Klits (Skotlandia)

Kwikku, Klits Skotlandia
Sumber: pursuitist.com

Kilts adalah sebutan untuk pakaian tradisional pria asal skotlandia yang berbentuk rok dengan motif kotak-kotak. Biasanya dipadukan dengan kemeja dan jaz. Baju adat ini kerap digunakan dalam upacara kenegaraan. Bahkan dibeberapa tempat mereka yang tidak menggunakannya tidak boleh megnikuti acara tersebut.

Lebih suka yang mana nih guys? Ternyata nggak hanya Indonesia aja yang kaya akan baju adat. Warga dunia di belahan negara lain juga punya ciri khas baju adatnya sendiri.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar